IMPLEMENTASI STEGANOGRAFI TEKS DENGAN LSB YANG TERENKRIPSI DAN TERKOMPRESI DENGAN TEA-LZW PADA ANDROID

Made Sumarsana Adi Putra

Informasi Dasar

111080147
005.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan komunikasi data memungkinkan pertukaran informasi melalui perangkat mobile semakin mudah. Tingkat keamanan dalam pertukaran informasi di perangkat mobile merupakan hal yang penting. Enkripsi merupakan salah satu teknik keamanan data dengan cara mengacak informasi namun hasilnya berupa karakter acak yang akan menimbulkan kecurigaan. Dengan steganografi suatu data dapat disisipkan pada suatu media. Salah satu kelemahan dalam steganografi adalah kapasistas data yang dapat disisipkan. Dengan kompresi maka ukuran data akan dapat dikecilkan.
Pada Tugas Akhir ini dirancang sebuah sistem aplikasi pada platform Android dengan implementasi penggabungan dari teknik steganografi menggunakan LSB dan kriptografi menggunakan TEA untuk keamanan sebuah pesan teks. Pesan teks ini ukurannya dapat dikurangi dengan melakukan teknik kompresi lossless terlebih dahulu menggunakan metode LZW. Kelebihan dari penggabungan metode ini adalah dapat memberikan keamanan berlipat ganda dan pesan yang akan disisipkan lebih banyak, sehingga cara ini diharapkan baik untuk pertukaran data rahasia.
Sistem ini mampu melakukan proses kompresi dengan rasio rata-rata 67.42 %. Algoritma TEA yang digunakan dimodifikasi sehingga menghasilkan nilai avalanche effect rata-rata sebesar 53.8 %. Nilai PSNR pada hasil stego image memiliki nilai rata-rata 70.44 dB. Serta nilai MOS yang didapat sebesar 4.8. Kata Kunci: Steganografi, Enkripsi, Kompresi, LSB, TEA , LZW, Android

Subjek

DATA SECURITY
 

Katalog

IMPLEMENTASI STEGANOGRAFI TEKS DENGAN LSB YANG TERENKRIPSI DAN TERKOMPRESI DENGAN TEA-LZW PADA ANDROID
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Made Sumarsana Adi Putra
Perorangan
Gelar Budiman, Ledya Novamizanti
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini