Implementasi dan Analisis Perbandingan Jaringan WDS ( Wireless Distribution system ) Mode Bridge dan Mode Repeater

Gumilar wibisono

Informasi Dasar

111071065
621.384
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Jaringan nirkabel semakin lama semakin berkembang ini di tunjukan dari besarnya konsumen dalam menggunakan jaringan nirkabel. Selain itu jaringan nirkabel merupakan alternatif terbaik dalam membangun sebuah jaringan baru. Seperti saat ini perkantoran,cafe dan tempat umum sudah banyak mengimplementasikan jaringan nirkabel. Akan tetapi implementasinya masih menggunakan jaringan kabel sebagai access point untuk terhubung ke dalam jaringan internet. Permasalahan pengkabelan ini yang menjadi kendala yang cukup berarti untuk mencakup tempat-tempat yang sulit di jangkau. Solusi dari permasalahan tersebut yaitu dengan memimplementasikan Wireless Distribution System (WDS) pada perangkat access point (AP) . WDS merupakan system untuk mengembangkan jaringan nirkabel tanpa harus menggunakan kabel sebagai access point nya, melainkan memanfaatkan jalur nirkabel sebagai backbone.
Pada tugas akhir ini mengimplementasikan dan menganalisis performansi WDS dengan menggunakan tiga buah access point untuk mengetahui dampak penerapannya terhadap kualitas jaringan . Dalam pengujian ini menggunakan 3 skenario yaitu wireless distributioan system point to point ,wireless distribution point to multipoint dan wireless distribution repetear. Dalam pengujian ini menggunakan parameter-parameter yang di hitung dalam hasil akhirnya adalah jitter,troughput,delay dan paket loss.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa mode Wireless Distribution System (WDS ) , banyaknya jumlah client yang terhubung dan besar kecil nya nilai SNR pada access point mempengaruhi nilai parameter Quality of Service yang ada. Hal ini dapat dilihat pada layanan video streaming bahwa Wireless Distribution System (WDS) dengan menggunakan mode Bridge memiliki Quality of Service yang lebih baik yaitu jitter 6,14 ms, delay 26,21 ms, throughput 0,322Mbps, packet loss 0,013 % dibandingkan dengan Wireless Distribution System mode Repeater. access point , wireless distribution system (WDS), performansi.

Subjek

WIRELESS COMMUNICATION SYSTEM
 

Katalog

Implementasi dan Analisis Perbandingan Jaringan WDS ( Wireless Distribution system ) Mode Bridge dan Mode Repeater
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Gumilar wibisono
Perorangan
Indrarini Dyah, Ratna Mayasari.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini