IMPLEMENTASI RPM METER KENDARAAN BERMOTOR BERBASIS AUDIO PROCESSING

REZA RINANDA

Informasi Dasar

111071063
621.382
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kebutuhan manusia terhadap kendaraan pada saat ini sudah tidak terbantahkan lagi. Manusia menginginkan adanya kemudahan dalam menjalani aktifitas sehari-hari. Para mekanik sepeda kendaraan di bengkel-bengkel kecil menginginkan adanya teknologi yang cukup canggih untuk menunjang pekerjaannya sehari-hari. Mereka membutuhkan sebuah RPM meter untuk mempermudah pekerjaanya untuk melihat nilai RPM kendaraan secara aktual. Oleh karena itu dicari suatu cara yang mudah untuk menyetel RPM sepeda motor yaitu dengan merancang sebuah sistem yang dapat menentukan besarnya nilai RPM dari sebuah kendaraan. Dengan begitu diharapkan menjadi suatu cara yang praktis untuk menyetel RPM kendaraan hanya dengan merekam suara kendaraan tersebut.
Dalam tugas akhir ini telah dibangun sebuah system yang dapat memperlihatkan nilai RPM kendaraan dengan menggunakan metode Fast Fourier Transform dan Harmonic Product Spectrum. Dengan system ini, maka tidak diperlukan lagi pengukuran RPM secara manual dengan menggunakan media kabel seperti RPM meter digital yang ada saat ini.
Hasil simulasi system ini mempunyai tingkat akurasi sebesar 97%. Dengan akurasi diatas diharapkan system ini cukup baik dalam segi ketetapan dalam menghitung RPM sepeda motor dengan menggunakan suara saja. RPM, FFT, Harmonic Spectrum Product, RPM Value

Subjek

SIGNAL - PROCESSING
 

Katalog

IMPLEMENTASI RPM METER KENDARAAN BERMOTOR BERBASIS AUDIO PROCESSING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

REZA RINANDA
Perorangan
Bambang Hidayat, Eko Susatio.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini