INTERKONEKSI CHARGING DATA FUNCTION (CDF) & ONLINE CHARGING SYSTEM (OCS) PADA ARSITEKTUR IP MULTIMEDIA SUBSYSTEM

RIZKY PRATOMO SUHARSO

Informasi Dasar

111070163
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pesatnya perkembangan teknologi komunikasi saat ini mendorong para provider untuk melakukan riset dan pengembangan demi memenuhi seluruh keinginan pasar. IP Multimedia Subsystem (IMS) merupakan salah satu diantara teknologi baru menuju NGN (Next Generation Network) berbasiskan teknologi Softswitch. IMS mampu menginterkoneksikan teknologi wireless dan wireline dengan menawarkan berbagai layanan multimedia meliputi voice, video, iptv, dan data. Prinsip dari IMS adalah mengatur session yang timbul untuk tiap layanan.

Penelitian teknologi IMS yang dilakukan bertujuan untuk menambah nilai guna dari teknologi yang sudah ada saat ini. Untuk menghitung besar pemakaian dari tiap pengguna layanan IMS, sistem yang ada dapat interkoneksikan dengan 2 sitem baru yakni Charging Data Function dan Online Charging System. Hadirnya teknologi IMS ini didasari dengan keinginan pasar akan pelayanan video yang handal dan stabil. Sehingga teknologi ini memang difokuskan untuk dapat menangani trafik video pada jaringan IP, khususnya layanan-layanan IPTV. Sehingga dalam tugas akhir ini, dilakukan penelitian performansi dari 3 jenis layanan IPTV, yaitu Live TV Streaming, Video on Demand, dan Live Video Streaming.

Dari pengujian dan analisis diperoleh hasil bahwa penambahan kedua server charging yaitu CDF dan OCS mempengaruhi performansi sistem IMS untuk ketiga layanan IPTV yang dilakukan . Dilihat dari delay dengan menggunakan server CDF dan OCS untuk layanan Live TV Streaming sebesar rata-rata 26.06155 ms dan 26.06496 ms, layanan Live Video Streaming sebesar 11.89378 ms dan 12.24632 ms, dan layanan VoD sebesar 21.32157 ms dan 21.32151 ms IP Multimedia Subsystem,Charging Data Function, Online Charging System,

Subjek

NETWORK ARCHITECTURE
 

Katalog

INTERKONEKSI CHARGING DATA FUNCTION (CDF) & ONLINE CHARGING SYSTEM (OCS) PADA ARSITEKTUR IP MULTIMEDIA SUBSYSTEM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIZKY PRATOMO SUHARSO
Perorangan
ASEP MULYANA, YUDHA PURWANTO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini