IMPLEMENTASI VIRTUAL PRIVATE NETWORK (VPN) L2TP/IPSEC BERBASIS INTERNET KEY EXCHANGE VERSI 2(IKEV2) PADA LAYANAN TRIPLE PLAY

DIDIK WAHYUDIN

Informasi Dasar

111070155
621.385 1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saat ini jaringan komputer telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam dunia telekomunikasi. Banyak perusahaan menggunakan jaringan komputer ini untuk dapat berkomunikasi dan bertukar data dengan perusahaan cabang, perusahaan mitra maupun dengan pegawainya yang sedang ada di lapangan. Dahulu perusahaan menggunakan saluran berbasis leased lines atau sirkit frame relay untuk menghubungkan kantor pusat dengan kantor cabang yang ada. Hal tersebut tidak efisien dan fleksibel lagi saat ini mengingat biaya yang harus dikeluarkan yang cukup mahal untuk menyewa saluran leased lines dan pengaksesan hanya bisa dilakukan dari jaringan tertutup tersebut, sehingga menyulitkan user yang mobile.
Virtual Private Network menjadi solusi tepat untuk memecahkan masalah tersebut. VPN memungkinkan untuk membangun komunikasi melalui jaringan publik seolah-olah berkomunikasi dalam suatu jaringan private. Keamanan data terjamin dengan digunakannya enkripsi dan otentikasi. Tugas akhir ini membahas implementasi VPN L2TP/IPSec yang berbasis IKEv2. Selanjutnya penulis melewatkan komunikasi triple play pada jaringan yang telah dibangun dan menguji keamanan maupun performansi kualitasnya.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dalam tugas akhir ini dapat diambil kesimpulan bahwa VPN L2TP/IPSec IKE dan IKEv2 telah berhasil diimplementasikan. Dimana waktu setup tunnel VPN menggunakan IKEv2 adalah 0.13605 detik sedangkan mengggunakan IKE adalah 0.20505 detik. Penggunaan VPN L2TP/IPSec pada komunikasi meningkatkan sisi keamanan, namun resiko yang diambil adalah mengurangi sedikit dari nilai QoS.
VPN, L2TP, IPSec, L2TP/IPSec, IKEv2.

Subjek

NETWORK COMMUNICATION
 

Katalog

IMPLEMENTASI VIRTUAL PRIVATE NETWORK (VPN) L2TP/IPSEC BERBASIS INTERNET KEY EXCHANGE VERSI 2(IKEV2) PADA LAYANAN TRIPLE PLAY
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DIDIK WAHYUDIN
Perorangan
Asep Mulyana, Yudha Purwanto
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini