APLIKASI PENGUKURAN KECEPATAN SEPEDA MOTOR MENGGUNAKAN METODE FRAME DIFFERENCE BERBASIS ANDROID

MOHAMMAD JAKA GUNINGRAT

Informasi Dasar

111050108
005.262
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Benda yang bergerak merupakan suatu hal unik yang sering digunakan sebagai objek penelitian. Dewasa ini, penelitian pada benda yang bergerak telah digunakan dalam banyak hal, seperti perhitungan jumlah benda yang bergerak pada suatu tempat, pengukuran kecepatan benda yang bergerak, hingga pendeteksian warna dan jenis benda yang bergerak, dan lain sebagainya.
Tugas akhir ini bertujuan untuk menganalisa hasil pengukuran kecepatan kendaraan yang bergerak yakni sepeda motor, yang didapatkan melalui merekam sepeda motor yang melintasi jalan dengan kamera telepon seluler. Analisa ini didapat dari perbandingan beberapa frame gambar yang terekam terhadap piksel gambar yang dihasilkan, dengan melakukan proses perhitungan dari selisih frame yang ditentukan (frame difference). Proses merekam gambar dengan menggunakan kamera telepon seluler berbasis android. Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasiskan Linux, yang menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri sehingga dapat digunakan oleh bermacam peranti penggerak.
Pada tugas akhir ini hasil yang didapatkan adalah: Pada sistem, kecepatan rata-rata tertinggi yang dapat terukur dengan optimal adalah pada kecepatan 30, 40, dan 50 km/jam, dengan akurasi ratarata masing-masing hingga 93%. Perubahan delta frame menentukan tingkat akurasi dari pengukuran kecepatan, dengan delta frame yang menjadi titik optimal dalam pengukuran kecepatan adalah sebesar 5. kecepatan sepeda motor, android, frame difference

Subjek

PROGRAMMING IN SPECIFIC PROGRAMMING LANGUAGES
 

Katalog

APLIKASI PENGUKURAN KECEPATAN SEPEDA MOTOR MENGGUNAKAN METODE FRAME DIFFERENCE BERBASIS ANDROID
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MOHAMMAD JAKA GUNINGRAT
Perorangan
GELAR BUDIMAN, SURYO ADHI WIBOWO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini