Perancangan Jaringan VSAT BAnk Mandiri Mengunakan Akses CDMA Melalui Satelit

Widia Ayu Lestari

Informasi Dasar

111050003
621.384 56
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Komunikasi satelit akan terus memainkan peran penting pada jaringan telekomunikasi. Satelit sebagai salah satu sarana komunikasi yang penting di dunia, terus berkembang sesuai dengan kebutuhan hidup manusia. Untuk bisa mencakup daerah-daerah yang tidak mungkin diterapkannya sistem terestrial maka digunakan sistem komunikasi satelit. Peningkatan layanan dan pengguna dari satelit akan memberikan perhatian terhadap penggunaan kapasitas yang disediakan serta efisiensi dari suatu perangkat tersebut.
Parameter utama yang digunakan dalam satelit adalah Eb/No dan C/N. Parameter ini digunakan untuk menentukan kalkulasi link pada satelit. Perhitungan power dan bandwidth juga diperlukan untuk mengetahui efisiensi perangkat dan kapasitas transponder. Keterbatasan power dalam ruang angkasa merupakan salah satu faktor dimana nilai power harus disesuaikan dengan besarnya kapasitas yang digunakan.
Untuk bisa melayani banyak pemakai maka diterapkan teknik akses jamak yang akan melayani pemakai secara simultan. Dengan banyaknya pemakai yang harus dilayani akan menyebabkan terjadinya interferensi antar pemakai. Maka untuk menghindari tingkat interferensi yang tinggi digunakan akses jamak CDMA dimana tiap-tiap pemakai akan diberikan satu kode unik.
Pada tugas akhir ini akan dibahas mengenai perancangan Jaringan VSAT pada Bank Mandiri dengan menggunakan akses CDMA melalui Satelit. Pengujian sistem dilakukan dengan data jumlah kantor cabang dan atm yang ada di seluruh Indonesia untuk mengetahui total trafik yang ada dan menghitung kapasitas bandwidth dan power yang diperlukan. Selanjutnya dilakukan perhitungan probabilitas maksimum jumlah paket yang bertabrakan pada random aloha untuk throughput sebesar 18% dengan menggunakan Microsoft Office Excel 2007. Pada hasilnya diperoleh bahwa inbound pada CDMA berdasarkan bandwidth jauh lebih boros dibandingkan dengan TDMA, sedangkan bila dibandingkan berdasarkan power diperoleh bahwa TDMA jauh lebih boros dibanding CDMA.
TDMA, CDMA, power, bandwidth, transponder

Subjek

cellular telephone systems
 

Katalog

Perancangan Jaringan VSAT BAnk Mandiri Mengunakan Akses CDMA Melalui Satelit
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Widia Ayu Lestari
Perorangan
Bambang Sumadjudin, Gideon Jonatan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini