Simulasi Antena Adaptif Dengan Menggunakan Algoritma Kalman Untuk Sistem Nirkabel Bergerak

Septi Prasetyo Utomo

Informasi Dasar

111041079
621.382 4
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Di tengah terbatasnya resources infrastruktur telekomunikasi. diperkuat dengan trend perkembangan pengguna sistem nirkabel bergerak yang semakin naik, Adaptive Antenna menjadi sebuah solusi bagi efisiensi dan efektifitas resources yang ada.
Dalam tugas akhir ini disimulasikan teknologi Adaptive Antenna pada kondisi lingkungan user yang bergerak. Adaptive Antenna akan memaksimalkan user (Mobile Station) untuk mendapatkan daya pancar dari Base Transceiver Station (BTS). Yang dimaksud dengan adaptive di sini adalah bahwa antena yang digunakan akan “membaca” kondisi lingkungan dan akan merespon kondisi tersebut dengan reaksi berupa penyesuaian pola radiasi antena. Teknik yang dipakai dalam Adaptive Antenna ialah beamforming. Beamforming dilakukan dengan membuat antena susunan yang mempunyai pola pancar untuk melayani user (Mobile Station) pada titik tertentu. Penggunaan algoritma adaptif mutlak diperlukan dalam aplikasi ini. Algoritma adaptif yang digunakan dalam simulasi ini dalah Algoritma Kalman.
Hasil simulasi menunjukan bahwa algoritma Kalman dapat digunakan pada teknologi antena adaptif ini. Kecepatan user bergerak berpengaruh terhadap beam yang mengarah pada user. User yang bergerak dengan kecepatan tinggi memungkinkan terjadinya distorsi beam. Untuk kecepatan 120 km/jam, distorsi beam terjadi sejauh 26°. Pada kondisi multiuser, akan terjadi himpitan beam pada saat jarak spatial antar user sejauh tertentu.
Mobile Wireless System, Adaptive Antenna, Beamforming, Algoritma Kalman.

Subjek

Antennas-electromagnetics
 

Katalog

Simulasi Antena Adaptif Dengan Menggunakan Algoritma Kalman Untuk Sistem Nirkabel Bergerak
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Septi Prasetyo Utomo
Perorangan
Heroe Wijanto, Iwan Iwut T
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini