IMPLEMENTASI PENGUAT BERDERAU RENDAH SATU TINGKAT BERBASIS MIKROSTRIP UNTUK PERANGKAT GROUD PENETRATING RADAR

PUTRI NOVIANTY DOROTEA TOUOR

Informasi Dasar

111041073
621.3848
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Ground Penetrating Radar (GPR) merupakan salah satu jenis radar yang digunakan untuk mendeteksi objek yang bersifat metal dan non-metal yang berada di dalam tanah. Antena pengirim GPR mentransmisikan impuls elektromagnetik menembus tanah dan mengenai objek. Sebagian impuls yang diterima objek akan dipantulkan kembali oleh objek tersebut dan diterima oleh antena penerima. Dari sinyal pantul akan dapat diketahui posisi dan bentuk objek. Dari antena penerima sinyal pantul akan diteruskan ke amplifier. Amplifier pada perangkat receiver berfungsi sebagai penguat daya, agar daya yang dibutuhkan terpenuhi sampai ke penerima. Akan tetapi sebuah penguat tidak hanya menguatkan sinyal informasi saja, tetapi juga sinyal noise (derau) yang ditimbulkan oleh penguat itu sendiri. Hal ini dapat mengakibatkan sinyal informasi yang diterima susah dideteksi karena mempunyai level daya noise yang cukup besar. Dengan menggunakan Low Noise Amplifier (LNA) suatu sinyal terima akan dikuatkan dengan penguatan yang cukup namun memiliki besar noise yang rendah.
Pada Tugas Akhir ini akan diimplementasikan sebuah prototipe Low Noise Amplifier (LNA) dengan daerah frekuensi kerja ground penetrating radar. LNA yang akan diimplementasikan merupakan penguat stabil (satu tingkat) yang dirancang dengan menggunakan transistor yang tingkat kestabilannya harus diselidiki terlebih dahulu. Sedangkan komponen pasifnya (Induktor dan Kapasitor) sebagai penyepadan, akan direalisasikan dengan menggunakan saluran mikrostrip.
Pengujian pada perangkat Low Noise Amplifier (LNA) dapat dilakukan dengan mengukur parameter LNA, yaitu meliputi pengukuran wilayah frekuensi, pengukuran Noise Figure, pengukuran Gain, pengukuran rasio tegangan gelombang berdiri (VSWR), dan pengukuran impedansi. Dari hasil pengukuran, LNA yang telah direalisasikan didapatkan bahwa LNA tersebut bekerja pada frekuensi 200.1 MHz dengan penguatan 14.51 dB dan NF 3.18 dB, hasil ini berbeda dengan perancangan yaitu pada frekuensi 200 MHz tersebut yang seharusnya menghasilkan penguatan 24.52 dB. Untuk penguatan ? 3 dB, LNA ini dapat bekerja pada frekuensi 180-250 MHz sehingga BW3dB = 70 MHz.
Low Noise Amplifier,Ground Penetrating Radar

Subjek

RADAR ENGINEERING
 

Katalog

IMPLEMENTASI PENGUAT BERDERAU RENDAH SATU TINGKAT BERBASIS MIKROSTRIP UNTUK PERANGKAT GROUD PENETRATING RADAR
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PUTRI NOVIANTY DOROTEA TOUOR
Perorangan
HOROE WIJANTO, BUDI PRASETYA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini