Pendeteksian Kanker Paru - paru dengan Menggunakan Principal Components Analysis(PCA) dan Metode Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation

Ribka Carolina

Informasi Dasar

111040335
621.367
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kanker paru - paru adalah jenis penyakit yang dapat menyebabkan kematian. Kanker paru –paru banyak disebabkan karena kebiasaan merokok dan juga tingkat polusi udara yang tinggi. Cara yang digunakan untuk mendeteksi kanker paru - paru adalah melalui pemeriksaan hasil foto rontgen dada dan sitologi dahak.
Pengolahan citra digital memberikan solusi dalam membantu mempermudah para radiolog mendiagnosa kanker paru - paru menggunakan komputer. Tugas akhir ini bertujuan untuk menghasilkan suatu alat bantu yang dapat mendiagnosa citra paru - paru dan mengklasifikasikan paru –paru ke dalam tipe kanker, normal atau efusi pada pleura serta menganalisa performansi dari jumlah principal components yang digunakan dan menghitung besar akurasi dari sistem yang dibuat.
Secara umum, sistem pendeteksian kanker paru - paru ini terdiri dari tiga bagian utama, yaitu: pengolahan awal citra, ekstraksi ciri menggunakan principal components analysis dan klasifikasi menggunakan jaringan syaraf tiruan jenis propagasi balik (JST-BP). Ekstraksi ciri menggunakan principal components analysis untuk memperoleh citra yang berdimensi rendah dan tidak ada berkorelasi diantara piksel - pikselnya. Keluaran dari ekstraksi ciri tersebut digunakan sebagai input jaringan syaraf tiruan propagasi balik.
Akurasi yang dihasilkan sistem dari pendeteksian penyakit pada paru –paru ini sebesar 100% untuk citra latih dan 73,33 % untuk citra uji.
principal components analysis, pengolahan citra, jaringan syaraf tiruan

Subjek

IMAGE PROCESSING-DIGITAL TECHNIQUES
 

Katalog

Pendeteksian Kanker Paru - paru dengan Menggunakan Principal Components Analysis(PCA) dan Metode Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ribka Carolina
Perorangan
Achmad Rizal, Koredianto Usman
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini