INTEGRASI FAX OVER IP PADA JARINGAN ADSL MENGGUNAKAN SOFTSWITCH BERBASIS EMULATOR PC

HENDRA NUR AULIA

Informasi Dasar

111030215
621.385
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Teknologi pengiriman dokumen jarak jauh (facsimile) melalui jaringan PSTN masih digunakan oleh masyarakat sampai saat ini. Hal ini disebabkan faktor formal dan efisiensi waktu yang ditawarkan oleh layanan ini. Pengiriman fax dapat dilakukan secara real-time pada jaringan circuit switch (PSTN) dengan persyaratan utama antara penerima dan pengirim harus memiliki mesin fax.
Pergeseran teknologi circuit switch ke packet switch menyebabkan semua layanan berbasis circuit diupayakan dapat berjalan di packet switch. Dengan teknologi ini pengirim fax tidak harus mempunyai mesin fax karena pesan fax dapat dikirim via internet.
Teknologi ADSL untuk saat ini telah banyak digunakan sebagai alternative media akses internet bagi pelanggan yang terkoneksi jaringan telepon analog. Selama ini teknologi ADSL belum termanfaatkan secara optimal. Pada tugas akhir ini telah di implementasikan integrasi fax over IP pada jaringan ADSL berbasis softswitch emulator PC.
Hasil penelitian dari tugas akhir ini, setelah diimplementasikan penggunaan teknologi fax over IP (FoIP) pada jaringan ADSL menggunakan Softswitch berbasis emulator PC. Diperoleh hasil sebagai berikut : berdasarkan responden, pada skenario 1 yaitu dengan background traffic dimana client fax dan client flooding berada di non jaringan ADSL sedangkan server fax dan server flooding serta gateway berada di jaringan ADSL, skenario 2 dengan background traffic yaitu dimana client, server dan gateway berada di jaringan ADSL, skenario 3 yaitu dengan tanpa background traffic namun terhubung dengan jaringan LAN IT Telkom dimana client berada di beda subnet dengan server dan gateway yang terhubung dengan jaringan ADSL, Skenario 4 yaitu dengan tanpa background traffic namun terhubung dengan jaringan LAN IT Telkom dimana client, server dan gateway berada di jaringan ADSL diperoleh MOS rata-rata diatas kisaran 3 mendekati 4 sehingga dikategorikan kualitasnya sedang/baik. Berdasarkan rata-rata pengukuran jitter terbesar 0.19 ms, delay end to end terbesar 5.9 s, throughput terbesar 0.14 Mbit/sec , packetloss terbesar 0.19 %.
Keyword : Fax, Fax over IP, ADSL, Softswitch , jitter, packetloss, throughput, delay end to end, MOS.

Subjek

Transmission - communication engineering
 

Katalog

INTEGRASI FAX OVER IP PADA JARINGAN ADSL MENGGUNAKAN SOFTSWITCH BERBASIS EMULATOR PC
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HENDRA NUR AULIA
Perorangan
Ida Wahidah, Tririan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini