SIMULASI DAN ANALISIS PERFORMANSI SOFTSWITCH DENGAN PENDEKATAN INTERAKSI ELEMEN FUNGSIONAL DAN PROTOKOL KOMUNIKASI DALAM PENANGANAN TRAFIK PANGGILAN

DOLLY SEPTIKA

Informasi Dasar

111020017
621.382
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Softswitch merupakan teknologi sistem switching yang dirancang untuk menjembatani migrasi dari jaringan circuit switch (PSTN/PLMN) ke jaringan packet switch (IP) dalam evolusinya menuju Next Generation Networks (NGN). Elemen utama dari arsitektur Softswitch yaitu Media Gateway Controller (MGC) atau yang lebih dikenal dengan nama Softswitch, merupakan bagian kontrol terpusat yang mengendalikan elemen lainnya, yaitu Signaling Gateway (SG), Media Gateway (MG), dan Application Server (AS). Sebagai kontrol terpusat dengan beban trafik relatif besar dan melibatkan berbagai protokol komunikasi, maka terdapat potensi permasalahan beban lebih (overload) dan peningkatan delay (latency) di Softswitch. Hal ini akan mempengaruhi kinerja jaringan dan kualitas komunikasi yang dihasilkan, sehingga diperlukan suatu metoda untuk memprediksi kinerja Softswitch sebelum dioperasikan. Penelitian melalui eksperimen langsung di lapangan atau lab memiliki kendala utama, yaitu sulitnya melakukan pengaturan sumber trafik dari segi karakteristik, intensitas, maupun skenario panggilan sesuai dengan yang diinginkan. Oleh karena itu diperlukan sebuah model yang mampu mensimulasikan fungsi-fungsi Softswitch.
Dalam Tugas Akhir ini dilakukan simulasi pemrosesan panggilan telepon pada jaringan Softswitch mulai dari permintaan panggilan hingga pembubaran hubungan. Simulasi ini meliputi pembangkitan sumber trafik, pemrosesan dalam tiap eleman jaringan (Softswitch, AG, SG, dan PSTN), komunikasi antar elemen jaringan dengan menggunakan protokol standar (Megaco, SS7, Sigtran, dan SIP) dan metoda pencatatan proses untuk bahan analisis. Untuk melihat kesesuaian dengan sistem nyatanya, dilakukan pengujian dan analisis terhadap simulator dari dua aspek, yaitu dari segi kesesuaian urutan proses komunikasi antar elemen jaringan dan dari segi akurasi pada sisi masukan (karakteristik pembangkit trafik) maupun di sisi keluaran (karakteristik pelayanan Softswitch).
Hasil pengujian dan analisis menunjukkan kesesuaian dalam urutan proses komunikasi dengan acuan protokol standar. Dari pengujian karakteristik trafik di sisi masukan dan keluaran, dapat diketahui bahwa simulator memiliki distribusi waktu antar kedatangan dan distribusi pelayanan eksponensial negatif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa simulator sesuai dengan sistem tunggu M/M/1. Model M/M/1 digunakan untuk validasi delay hasil simulator. Berdasarkan kurva delay hasil simulator, yang penyimpangannya kurang dari 5% adalah call setup delay, dengan deviasi sebesar 1,78%. Call setup delay yang dihasilkan simulator memenuhi standar yang ditetapkan yaitu 184,29 ms. Sehingga dapat diketahui kapasitas BHCA Softswitch simulator, yaitu sebesar 19.429 call/hour.
softswitch, AG, SG, TG, megaco, SS7, sigtran, SIP, dan delay

Subjek

NETWORK ANALYSIS
 

Katalog

SIMULASI DAN ANALISIS PERFORMANSI SOFTSWITCH DENGAN PENDEKATAN INTERAKSI ELEMEN FUNGSIONAL DAN PROTOKOL KOMUNIKASI DALAM PENANGANAN TRAFIK PANGGILAN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DOLLY SEPTIKA
Perorangan
ASEP MULYANA, ANGKOSO S
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini