PERENCANAAN JARINGAN DIRECT TO HOME (DTH) PADA FREKUENSI C-BAND UNTUK PENYIARAN TV DIGITAL DI INDONESIA

DONNY ASWADI

Informasi Dasar

111010338
621.382
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saat ini sistem TV Broadcast sudah dapat menggunakan teknologi komunikasi satelit. Sistem ini memungkinkan pengguna jasa komunikasi satelit untuk dapat menyaksikan siaran TV dimana saja selama masih dalam wilayah cakupan satelit. Satelitsatelit milik Indonesia sebagian besar kapasitasnya adalah transponder C-Band, hal ini dikarenakan karakteristik C-Band cocok dengan iklim indonesia yang curah hujannya cukup tinggi. Frekuensi C-Band dapat dimanfaatkan untuk keperluan penyiaran TVBroadcast digital yaitu Direct To Home (DTH).
Tugas akhir ini membahas perencanaan sebuah jaringan DTH untuk TV-Broadcast digital via satelit Telkom-1 pada frekuensi C-band dari sudut pandang aspek teknis dan ekonomis, dimana analisanya dilakukan dengan menempatkan diri sebagai pihak konsultan bagi pihak broadcaster yang ingin membangun sebuah jaringan DTH nasional yang handal, yang tentunya memenuhi semua standar yang diberlakukan pihak regulator.
Indonesia yang merupakan negara tropis dengan curah hujan tinggi menjadi sebuah masalah utama bagi perencanaan satelit untuk kepentingan penyiaran TV digital. Dari analisa teknis yang dilakukan, diketahui bahwa untuk menyalurkan data berupa video format MPEG2 pada bitrate 5 Mbps dengan bandwidth 5063.8 KHz, diperlukan C/N sebesar 9.84 dB pada kondisi availability sistem sebesar 99.97%. Dan untuk mencapai kualitas link yang mampu memenuhi BER 10-7 tersebut, maka diperlukan daya pancar stasiun bumi sebesar 58.5 dB dengan PAD satelit 8 dB dan TVRO yang digunakan berdiameter 1 meter. Sedangkan dari analisa ekonomis yang dilakukan, diketahui bahwa bandwidth yang perlu disewa untuk mencapai kualitas link yang diinginkan tersebut adalah sebesar 8636 KHz. TV-Broadcast, DTH, Perencanaan Satelit, C-Band

Subjek

NETWORK ARCHITECTURE
 

Katalog

PERENCANAAN JARINGAN DIRECT TO HOME (DTH) PADA FREKUENSI C-BAND UNTUK PENYIARAN TV DIGITAL DI INDONESIA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DONNY ASWADI
Perorangan
AGUS GANDA PERMANA, HEROE WIJANTO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini