ANALISA PENGARUH FREKUENSI OFFSET PADA SISTEM MC CDMA DAN MC DS CDMA

DICKI SODIKIN

Informasi Dasar

111000220
621.382
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kebutuhan akan kecepatan data yang lebih cepat sedangkan bandwidth yang tersedia terbatas memunculkan semakin banyaknya teknologi yang dikembangkan untuk mengatasi hal tersebut.
Salah satu metode yang dikembangkan yaitu penggabungan metode modulasi multicarrier dengan spektral tersebar yang sebagai multicarrier spread spectrum. Multicarrier spread spectrum adalah teknik yang tepat untuk aplikasi sistem 4G yang membutuhkan bandwidth yang efisien dengan bit rate yang sangat tinggi.
Kelebihan modulasi multicarrier adalah tahan akan frekuensi selektif fading akan tetapi mempunyai kelemahan pada sinkronisasi subcarrier dan sangat sensitif terhadap frekuensi offset. Frequency offset sendiri adalah adanya pergeseran frekuensi sinyal yang diakibatkan oleh keadaan kanal fading.
Bagan multicarrier CDMA dapat dikategorikan dalam dua group yaitu MC CDMA (Multicarrier CDMA) di mana deretan data asli diberikan spreading code, dan selanjutnya dimodulasi untuk setiap subcarrier yang berbeda dengan chip yang berbeda pula, dan MCDS- CDMA (Multicarrier Direct Sequence CDMA di mana deretan data asli dikonversikan dari serial ke paralel diberikan spreading code, dan selanjutnya dimodulasi untuk setiap subcarrier yang berbeda pada setiap deretan data asli.
Pada sistem multi carrier sifat orthogonal dari frekuensi-frekuensi pembawa adalah suatu keharusan. Kesalahan frekuensi di penerima atau frekuensi offset mengganggu keorthogonalan dari frekuensi yang digunakan. Pada tugas akhir ini akan dilihat bagaimana pengaruh frekuensi offset pada MC CDMA dan MC DS CDMA dalam kanal fading.
Hasil yang ditunjukkan pada bagian berikutnya menunjukkan sensitivitas kedua sistem, dimana sistem MC DS CDMA lebih sensitif di banding sistem MC CDMA. Hal ini dapat di lihat jelas pada kanal multipath fading. Hal ini dikarenakan perbedaan cara spreading pada kedua sistem.
-

Subjek

COMMUNICATION ENGINEERING
 

Katalog

ANALISA PENGARUH FREKUENSI OFFSET PADA SISTEM MC CDMA DAN MC DS CDMA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DICKI SODIKIN
Perorangan
ALI MUAYADI; ARFIANTO FAHMI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini