INTERAKSI SOSIAL DALAM INSTAGRAM GARUDA BANDUNG FAMILY FANS CLUB GARUDA BANDUNG (Studi Etnografi Virtual Pada Akun Instagram @gb_family Fans Club Garuda Bandung)

SUGIYONO ROHIMAT

Informasi Dasar

17.04.1039
650
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini berjudul Interaksi Sosial Dalam Instagram Garuda Bandung Family Fans club Garuda Bandung dengan sub judul Studi Etnografi Virtual Pada Akun Instagram @gb_family Fans Club Garuda Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi sosial yang terjadi dalam Instagram Garuda Bandung Family dan mengetahui motif penggunaan media oleh anggota Garuda Bandung Family. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan etnografi virtual. Pembahasan melalui hasil wawancara dan observasi online dengan jumlah informan kunci sebanyak empat orang. Hasil penelitian didapatkan bahwa interaksi sosial dalam Instagram Garuda Bandung Family berawal dari foto dan video, bentuknya berupa unggahan penyemangat, anggota memberi komentar motivasi dan biasanya di respon oleh pemain Garuda Bandung, unggahan informasi acara, adanya saling ajak di kolom komentar dengan anggota lain dan menanyakan ketidakjelasan informasi kepada admin, yang masuk kedalam kategori interaksi sosial asosiatif kerja sama. Interaksi sosial asosiatif akomodasi yaitu menyebarkan berita konflik melalui Instagram dan bagaimana anggota merespon konflik tersebut melalui interaksi dalam kolom komentar. Interaksi sosial asosiatif asimilasi dan akulturasi, peleburan kebudayaan menjadi kebudayaan tunggal yaitu penggunaan kata “Kareueus Bandung Ti 91” dalam interaksi tanpa meninggalkan kebudayaan asli. Komentar war, saling berbalas komentar antar fans club rival dengan tujuan membela tim yang didukungnya yang termasuk dalam interaksi sosial diasosiatif. Motif pengguna media yang ada di Garuda Bandung Family adalah motif informasi dalam pemenuhan informasi, motif interaksi, motif hiburan, dan motif identitas pribadi.

Kata Kunci: Interaksi Sosial, Etnografi Virtual, Motif Pengguna Media

Subjek

COMMUNICATION
 

Katalog

INTERAKSI SOSIAL DALAM INSTAGRAM GARUDA BANDUNG FAMILY FANS CLUB GARUDA BANDUNG (Studi Etnografi Virtual Pada Akun Instagram @gb_family Fans Club Garuda Bandung)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SUGIYONO ROHIMAT
Perorangan
ADI BAYU MAHADIAN, DINI SALMIYAH FITRAH ALI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini