Analisis Perbandingan Forwarding Plane berbasis NDN dan IP pada Kasus Prefix Hijack

YUNITA NOOR ROHMAH

Informasi Dasar

17.04.942
620.007
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Named Data Networking (NDN) merupakan suatu rancangan arsitektur jaringan baru dimana paket NDN membawa nama data (name) dan bukan alamat sumber atau alamat tujuan (alamat IP). Pada jaringan komputer, perutean jaringan merupakan hal penting untuk menunjang komunikasi data. Perutean jaringan pada jaringan IP hanya mengandalkan Routing Information Base (RIB) yang berasal dari IP table pada router, sehingga apabila terdapat permasalahan pada jaringan seperti terjadi serangan berbahaya pada salah satu node-nya, maka router IP harus menunggu sampai IP table ter-update, baru kemudian melakukan pemindahan jalur perutean. NDN memiliki kelebihan berupa adaptive forwarding. Dengan mencatat pending Interest dan mengamati paket Data yang dikirimkan, tiap router NDN dapat mengukur performansi forwarding plane pada tiap jalur. Informasi ini dapat digunakan untuk mengambil data serta jalur terbaik yang tersedia, dan untuk mendeteksi dan memulihkan permasalahan forwarding yang dapat disebabkan oleh kegagalan fisik maupun serangan berbahaya. Kelebihan ini menyebabkan routing plane pada jaringan NDN hanya perlu melakukan update routing secara berkala.

Prefix hijack merupakan salah satu jenis serangan berbahaya yang dapat terjadi pada jaringan. Ketika terjadi serangan hijack, paket pada jaringan IP akan diserap oleh node yang terkena hijack dan tidak akan diteruskan sampai ke tujuan. Sedangkan pada jaringan NDN, router NDN dapat mendeteksi terjadinya serangan hijack dengan mengamati status pending Interest, sehingga router dapat mengalihkan pengiriman paket melalui jalur lain yang tidak terserang hijack (memilih jalur alternatif).

Pada Tugas Akhir ini, akan dilakukan simulasi untuk meneliti mekanisme forwarding pada jaringan NDN dan melihat pengaruh mekanisme forwarding NDN pada kasus prefix hijack jika dibandingkan dengan mekanisme forwarding IP, serta akan diteliti secara lanjut pengaruh strategi forwarding pada NDN terhadap kasus prefix hijack. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa NDN dapat mengatasi permasalahan hijack yang terjadi pada jaringan, dan strategi best route merupakan strategi yang paling baik dalam menghadapi serangan hijack, karena best route memiliki jumlah packet loss yang paling kecil.

Subjek

COMPUTER NETWORK
 

Katalog

Analisis Perbandingan Forwarding Plane berbasis NDN dan IP pada Kasus Prefix Hijack
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YUNITA NOOR ROHMAH
Perorangan
DODI WISAKSONO SUDIHARTO, ANTON HERUTOMO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini