Analisis dan Implementasi Web Page Prediction Dalam Situs E-commerce Menggunakan Modified Markov model dan Association Rule Mining (ARM)

LILIN

Informasi Dasar

17.04.930
620.007
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saat ini, perkembangan data web di internet semakin besar dan pertumbuhan e-commerce semakin meningkat. Situs e-commerce dengan konten yang serupa banyak ditemui user di internet. Persaingan yang cukup ketat membutuhkan usaha tertentu untuk menarik perhatian setiap user dengan pelayanan yang sesuai dengan kecenderungan/preferensi masing-masing user. Personalization menjadi satu hal yang sangat penting dalam meningkatkan experience user saat melakukan aktivitas di suatu website termasuk situs-situs e-commerce yang berdampak pada kepuasan dan kenyamanan user dalam melakukan aktivitas di suatu website[1]. Web page prediction merupakan suatu classification problem yang mampu memprediksi next page yang akan dikunjungi user berdasarkan history dari page-page yang dikunjungi sebelumnya. Page prediction dapat digunakan sebagai personalization sebuah web, masukan untuk pengurangan waktu respon server dengan strategi prefetching dan caching yang sesuai. Page prediction juga dapat digunakan sebagai pedoman untuk menambahkan recommendation system[2], meningkatkan design dari aplikasi suatu web, dan salah satu bahan masukan bagi e-commerce untuk menghandle isu bisnis seperti customer attraction, customer retention, cross sales dan customer departure. Selama ini Markov model termasuk variasi didalamnya seperti K-th order Markov model telah dikenal dengan efisiensi dan performanya dalam menghasilkan prediksi. Dalam penelitian ini sebuah modifikasi dilakukan dengan tujuan meningkatkan akurasi page prediction yakni menggunakan kombinasi Markov model dan Association rule mining(ARM). Kemunculan zero probability pada model training menyebabkan ketidakmampuan Markov model mengeluarkan prediksi maka untuk mengatasi kemungkinan kegagalan prediksi dari Markov model, digunakanlah teknik Association rule mining(ARM) yang membaca history access page user dan state session diperiksa lebih banyak untuk menghasilkan rule yang lebih general. Rule yang didapat dari ARM inilah yang akan digunakan untuk menghasilkan prediksi ketika Markov model tidak menghasilkan prediksi yang optimal, sehingga akurasi dari prediction model hasil penggabungan dua teknik ini bisa lebih meningkat. Kata Kunci : Web Page Prediction, E-commerce, K-th order Markov model, Association rule mining

Subjek

WEB PAGE-PROGRAM
 

Katalog

Analisis dan Implementasi Web Page Prediction Dalam Situs E-commerce Menggunakan Modified Markov model dan Association Rule Mining (ARM)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

LILIN
Perorangan
EKO DARWIYANTO, M. SYAHRUL MUBAROK
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • CDG4K3 - DATA MINING
  • CIG4A3 - PEMBELAJARAN MESIN
  • CCH2A3 - PEMROGRAMAN WEB
  • CCH4A3 - PENULISAN PROPOSAL
  • CCH4D4 - TUGAS AKHIR
  • CSH4Y3 - TOPIK KHUSUS 2 ICM
  • CII4A2 - PENULISAN PROPOSAL
  • CII4E4 - TUGAS AKHIR
  • CPI4A2 - PENULISAN PROPOSAL
  • III4A4 - TUGAS AKHIR
  • CII9G6 - PROPOSAL PENELITIAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini