Metode SPH dalam Simulasi Gelombang Tsunami di Sekitar Wilayah Pesisir Pulau Flores (SPH Method for Tsunami Simulation Around Coastal Zone Flores Island)

RIDWAN NURDIYANTO PUTRA

Informasi Dasar

17.04.914
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Gelombang tsunami di laut dalam memiliki panjang gelombang yang besar akan tetapi kecepatannya rendah sedangkan ketika mencapai kawasan pesisir pantai panjang gelombang tsunami menurun sedangkan kecepatannya meningkat hal tersebut yang menyebabkan tingginya kerusakan dan korban jiwa di daerah kawasan pesisir pantai sehingga dapat ditinjau menggunakan persamaan air dangkal. Tugas akhir ini membuat simulasi gelombang tsunami di sekitar wilayah pesisir pantai Wewaria pulau Flores dengan syarat batas terbuka untuk mengetahui perubahan pada aspek kecepatan dan elevasi gelombang. Solusi numerik yang digunakan merupakan gabungan dari persamaan air dangkal dan smoothed particle hydrodynamics yang merepresentasikan fluida kedalam bentuk partikel pada program SWE-SPHysics. Hasil simulasi menunjukkan syarat batas terbuka tidak berpengaruh terhadap perubahan kecepatan tetapi sangat berpengaruh terhadap elevasi gelombang yang dihasilkan oleh tsunami

Kata kunci: gelombang tsunami, flores, syarat batas terbuka, persamaan air dangkal, smoothed particle hydrodynamics, swe-sphysics.

Subjek

SIMULATIO AND MODELING
 

Katalog

Metode SPH dalam Simulasi Gelombang Tsunami di Sekitar Wilayah Pesisir Pulau Flores (SPH Method for Tsunami Simulation Around Coastal Zone Flores Island)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIDWAN NURDIYANTO PUTRA
Perorangan
DEDE TARWIDI, PUTU HARRY GUNAWAN
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • IK2023 - PERSAMAAN DIFERENSIAL DAN APLIKASI
  • IK2153 - METODE NUMERIK
  • IKG2E3 - KOMPUTASI NUMERIK
  • IKG3I4 - PEMODELAN DAN SIMULASI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini