ANALISIS OPTIMASI COVERAGE JARINGAN LONG TERM EVOLUTION (LTE) TDD PADA FREKUENSI 2300 MHz DI WILAYAH DKI JAKARTA

ANDI CHAERUNISA UTAMI PUTRI

Informasi Dasar

17.04.879
621.382
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada tahap perencanaan, jaringan LTE didesain agar dapat mencapai KPI (Key Performance Indicator) yang telah ditentukan. KPI merupakan acuan para engineer dalam menentukan performansi kondisi akses radio frekuensi mencapai kondisi optimal. Beberapa parameter yang ditinjau pada perbaikan jaringan adalah mean throughput, RSRP (Radio Signal Received Power), dan SINR (Signal to Interference Noise Ratio).

Pada penelitian ini, dilakukan analisis optimasi jaringan LTE (Long Term Evolution) mode TDD (Time Division Duplexing) frekuensi 2300 MHz di Daerah DKI Jakarta, yakni Jakarta Pusat, dengan menggunakan konfigurasi bandwidth 20 MHz. DKI Jakarta merupakan salah satu kota urban di Indonesia yang memiliki kebutuhan layanan LTE cukup tinggi, dilihat dari segi jumlah penduduk maupun aktivitas penggunaan layanan data seluler yang digunakan. Namun, kondisi pada jaringan yang telah digelar sangat memungkinkan terjadinya kondisi layanan LTE yang tidak memenuhi target KPI target. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu metode perbaikan jaringan agar jaringan tersebut optimal. Dalam penelitian ini, digunakan skenario penggunaan struktur TDD subframe yang berbeda, physical tuning, dan implementasi higher-order MIMO sebagai rekomendasi perbaikan untuk jaringan LTE TDD di DKI Jakarta.

Berdasarkan hasil perhitungan dan simulasi, diperoleh nilai mean throughput meningkat dari 4,3 Mbps menjadi 23,5 Mbps dengan target KPI ? 20 Mbps. Persebaran nilai rata-rata RSRP meningkat dari 100% ? -80 dBm menjadi 94,48% ? -80 dBm dengan target KPI 80% ? -80 dBm. Persebaran nilai rata-rata SINR meningkat dari 16,4% ? 5 dB menjadi 50,531% ? 5 dB dengan target KPI 50% ? 5 dB. Parameter tinjauan menunjukkan telah memenuhi target KPI pada jaringan LTE TDD di Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Kata Kunci: LTE, TDD, mean throughput, RSRP, SINR, network optimization

Subjek

TELECOMMUNICATIONS ENGINEERING
 

Katalog

ANALISIS OPTIMASI COVERAGE JARINGAN LONG TERM EVOLUTION (LTE) TDD PADA FREKUENSI 2300 MHz DI WILAYAH DKI JAKARTA
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANDI CHAERUNISA UTAMI PUTRI
Perorangan
UKE KURNIAWAN USMAN, SIGIT PUSPITO WIGATI JAROT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • FEG4C4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini