Aktivitas Public Relations PT Angkasa Pura II (Persero) Dalam Menangani Krisis (Studi Deskriptif Pemberitaan Negatif Pada Awal Pembukaan Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno - Hatta)

SARAH JESSICA

Informasi Dasar

17.04.780
650
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Salah satu bandara tersibuk di Indonesia adalah Bandara Internasional Soekarno – Hatta. PT Angkasa Pura II sebagai pengelola Bandara Internasional Soekarno – Hatta melakukan pengembangan Terminal 3 untuk menangani lonjakan penumpang yang terjadi tiap periode libur panjang. Namun, beberapa saat setelah beroperasi, masyarakat dan media kerap melaporkan beberapa keluhan terhadap fasilitas sarana dan prasarana di Terminal 3 seperti listrik mati, banjir, dan kritik dari publik figur Indonesia. Pelaporan dari masyarakat dan media menuntut adanya tindakan nyata dari seorang praktisi public relations PT Angkasa Pura II. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik in-depth interview, observasi, dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana aktivitas public relations PT Angkasa Pura II dalam menangani pemberitaan negatif pada awal pembukaan Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno – Hatta. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diketahui bahwa PT Angkasa Pura II telah menjalankan aktivitas public relations dengan 5 tahapan krisis untuk mengetahui daur hidup krisis diantaranya (1) tahap pre-crisis, (2) tahap warning, (3) tahap acute crisis, (4) tahap clean-up, dan (5) tahap post-crisis. Selain itu public relations PT Angkasa Pura II juga melakukan tindakan korektif sebagai upaya mengelola krisis diantaranya (1) identifikasi krisis, (2) analisa krisis, (3) isolasi krisis, (4) pilihan strategi, dan (5) program pengendalian. Dimana dengan melakukan tindakan terhadap suatu krisis berarti PT Angkasa Pura II telah bertanggung jawab terhadap stakeholdernya sekaligus untuk melihat sejauh mana perkembangan krisis itu dalam masyarakat.

Kata Kunci : Public Relations, Aktivitas Public Relations, Krisis, Tahapan Krisis, Pengelolaan Krisis.

Subjek

PUBLIC RELATIONS
 

Katalog

Aktivitas Public Relations PT Angkasa Pura II (Persero) Dalam Menangani Krisis (Studi Deskriptif Pemberitaan Negatif Pada Awal Pembukaan Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno - Hatta)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SARAH JESSICA
Perorangan
AYUB ILFANDY IMRAN
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini