ANALISIS PERBANDINGAN WEBSITE TRAVELOKA DAN WEBSITE TIKET.COM DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0 DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) (Studi Pada Pengguna Website Traveloka Dan Tiket.com Di Kota Bandung)

FIKI RIZQIANA

Informasi Dasar

17.04.762
650
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Perkembangan teknologi sangat cepat dan signifikan. Salah satu perkembangan teknologi yang cukup pesat adalah internet. Hal ini dimanfaatkan oleh beberapa perusahaan untuk membuka bisnis Online Travel Agencies (OTA) seperti Traveloka dan Tiket.com. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas website Traveloka dan Tiket.com, untuk mengetahui kualitas website Traveloka dan Tiket.com menggunakan webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis, serta untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kualitas pada website Traveloka dan website Tiket.com Penelitian ini tidak memiliki variabel. Maka peneliti menggunakan tiga dimensi webqual yakni usability, information quality, dan service interaction untuk mengetahui perbandingan kualitas website. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif untuk menggambarkan masing-masing dari kualitas website. Alat ukur pada penelitian ini ialah kuesioner yang di bagikan kepada 200 responden dengan populasi pengguna Traveloka dan Tiket.com di Kota Bandung. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Uji Mann-Whitney. Hasil yang didapatkan ialah website Traveloka dengan skor rata-rata 78,1 dan Tiket.com dengan skor rata-rata 73,4 dapat dikatakan website termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan analisis Webqual dan IPA pada website Traveloka dapat diketahui bahwa website Traveloka terdapat gap sebesar 3.7% sedangkan Tiket.com sebesar 5.4% terhadap kinerja website dengan harapan ideal pengguna. Serta terdapat perbedaan pada ketiga dimensi webqual dan terdapat perbedaan pada kualitas website Traveloka dan Tiket.com. Traveloka unggul secara kesuluruhan pada tiga dimensi yakni, Usability, Information Quality, Service Interaction. Kata Kunci: WebQual, IPA, Mann-Whitney, Travel Agencies

Subjek

MARKETING
 

Katalog

ANALISIS PERBANDINGAN WEBSITE TRAVELOKA DAN WEBSITE TIKET.COM DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0 DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) (Studi Pada Pengguna Website Traveloka Dan Tiket.com Di Kota Bandung)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FIKI RIZQIANA
Perorangan
TRI INDRA WIJAKSANA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini