ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NIAT KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA (STUDI KASUS PADA MAHASISWA STRATA SATU UNIVERSITAS TELKOM TAHUN ANGKATAN 2013 DAN 2014)

TIPUD ALIEF AINUL YAQIEN

Informasi Dasar

17.04.705
650
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Berangkat dari Visi, Misi, Nilai, serta Tujuan Universias Telkom, yaitu berjiwa entrepreneur dan mendukung pembangunan kesejahteraan nasional. Institusi memiliki kewajiban untuk menciptakan iklim berwirausaha yang kondusif dengan tujuan menumbuhkan jiwa-jiwa berwirausaha dari kalangan mahasiswa Tel-U. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel-variabel apa saja yang paling dominan dalam mempengaruhi niat kewirausahaan mahasiswa terutama mahasiswa Strata Satu Universitas Telkom dalam konteks niat kewirausahaan oleh mahasiswa, yang dikombinasikan menjadi 20 variabel. 20 variabel tersebut menjadi variabel dalam penelitian ini, yang terdiri dari harga diri; tantangan pribadi; kebutuhan untuk berprestasi; autonomi; kepemimpinan; kepercayaan diri; status; investasi; pendapatan; inovasi; kreatifitas; peluang pasar yang baik; pemenuhan bahan baku; lingkungan keluarga; lingkungan pendidikan; dukungan pemerintah; norma subjektif; pengalaman bekerja;berambisi menjadi entrepreneur; perasaan senang Penelitian ini termasuk analisis faktor eksploratori dengan pendekatan kuantitatif. Penulis mengambil sampel dari populasi Mahasiswa Strata Satu Tel-U Angkatan 2013, dan 2014 dengan menggunakan tabel Krejcie dan Morgan, maka jumlah sampel yang diambil sebanyak 368 dari 8.600 mahasiswa dengan penyebaran kuisioner menggunakan teknik sampling purposive. Penelitian ini menghasilkan lima faktor yang mempengaruhi niat kewirausahaan Mahasiswa Strata Satu Universitas Telkom yang diperoleh melalui proses analisis faktor. Kelima faktor tersebut adalah faktor internal sebesar 35,222%; faktor modal sosial dan modal manusia sebesar 9,508%; faktor eksternal 6,843%; faktor kontekstual sebesar 6,301; faktor berambisi menjadi entrepreneur dan perasaan senang sebesar 5,135%. Kelima faktor tersebut dapat menjelaskan 63,009% dari seluruh faktor asli atau variabel awal dan terdapat faktor lain sebesar 36,991% yang juga dimiliki mahasiswa strata satu Universitas Telkom.

Kata kunci: Wirausahawan muda, niat kewirausahaan mahasiswa, analisis faktor

Subjek

ENTREPRENEURIAL
 

Katalog

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NIAT KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA (STUDI KASUS PADA MAHASISWA STRATA SATU UNIVERSITAS TELKOM TAHUN ANGKATAN 2013 DAN 2014)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TIPUD ALIEF AINUL YAQIEN
Perorangan
SYAHPUTRA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini