Identifikasi Aspek Motivasi pada Rintisan Usaha Berbasis Ecopreneurship dalam Melaksanakan Aktivitas Daur Ulang (Studi pada Growbox, IZEMU dan Planter Craft di Kota Bandung)

YUDHA RYANDIEKA

Informasi Dasar

17.05.044
658
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Kondisi timbulan sampah masih menjadi permasalahan utama yang melanda Indonesia. Sejak tahun 2008, Pulau Jawa masih menjadi pulau dengan penyumbang jumlah sampah terbesar, yakni sebesar 55% dibandingkan pulau lainnya. Fenomena tersebut memicu kemunculan pengusaha yang peduli terhadap lingkungan atau disebut Ecopreneur yang kemudian mendirikan usaha berbasis lingkungan. Salah satunya adalah Growbox, IZEMU dan Planter Craft yang menerapkan aktivitas daur ulang yang banyak berkembang di Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memotivasi ecopreneur dalam mendirikan dan menjalankan bisnis daur ulang, dengan melakukan penilaian terhadap variabel Passion, Gap in the Market, making a Living, Being Their Own Biss dan Green Value pada Growbox, IZEMU dan Planter Craft. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan metode penelitian kualitatif pada Growbox, IZEMU dan Planter Craft. Pengumpulan data dilakukan melalui in-depth interview dengan format semi-terstruktur dan kuesioner terhadap pihak-pihak yang terlibat dalam pendirian Growbox, IZEMU dan Planter Craft. Data sekunder yang berkaitan dengan tema penelitian digunakan untuk mendukung penelitian. Antara lain jurnal ilmiah mengenai ecopreneurship, data dari profil perusahaan, berita, dan media sosial yang berkaitan dengan penelitian. Berdasarkan hasil pengolahan data, dapat diketahui bahwa seluruh motivasi ecopreneur dapat diidentifikasi dalam diri responden. Namun terdapat faktor yang mendominasi masing-masing responden, yakni R1 didominasi faktor motivasi making a living; R2 didominasi faktor motivasi making a living dan green values; R3 didominasi faktor motivasi green values; R4 didominasi faktor motivasi passion; R5 didominasi faktor motivasi passion dan gap in the market; R6 didominasi faktor motivasi green values; R7 didominasi faktor motivasi gap in the market, making a living dan being their own boss; R8 didominasi faktor motivasi passion dan being their own boss; R9 didominasi faktor motivasi passion. Hal tersebut menyebabkan Growbox didominasi faktor motivasi green values, IZEMU didominasi faktor motivasi passion dan Planter Craft didominasi faktor motivasi being their own boss. Berdasarkan hasil penelitian, untuk lebih meningkatkan kontribusi dalam memainkan peran mengatasi kerusakan lingkungan maka para ecopreneur pada Growbox, IZEMU dan Planter Craft sebaiknya lebih meningkatkan minat masyarakat terhadap produk mereka dengan menangkap peluang yang ada.

Subjek

ENTREPRENEURSHIP CASE STUDIES
 

Katalog

Identifikasi Aspek Motivasi pada Rintisan Usaha Berbasis Ecopreneurship dalam Melaksanakan Aktivitas Daur Ulang (Studi pada Growbox, IZEMU dan Planter Craft di Kota Bandung)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YUDHA RYANDIEKA
Perorangan
RATNA L. NUGROHO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini