ANALISIS KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN DENGAN METODE ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) DAN MARKET VALUE ADDED (MVA) PADA PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA TBK, PT INDOSAT TBK, DAN PT XL AXIATA TBK PERIODE 2011-2015

MUHAMMAD RIZKI FAUZI

Informasi Dasar

17.04.657
658
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pengguna layanan telekomunikasi yang terus mengalami peningkatan menyebabkan potensi saham industri telekomunikasi akan terus berkembang sehingga menarik para investor untuk berinvestasi. Terkait dengan hal tersebut perlu dilakukan penelitian mengenai kinerja keuangan perusahaan telekomunikasi berdasarkan metode nilai tambah yaitu konsep Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) untuk mengetahui apakah perusahaan berhasil menciptakan nilai tambah bagi investor.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan berdasarkan metode EVA dan MVA pada perusahaan telekomunikasi yang membukukan laba usaha karena perusahaan yang memperoleh laba usaha belum tentu meningkatkan nilai seperti yang diindikasikan oleh EVA dan MVA yang positif. EVA atau nilai tambah ekonomis adalah perbedaan laba usaha setelah pajak (NOPAT) dan beban modal untuk periode tersebut. Sedangkan MVA atau nilai tambah pasar merupakan perbedaan antara nilai pasar ekuitas suatu perusahaan dengan nilai buku yang disajikan dalam neraca.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik purposive sampling pada perusahaan telekomunikasi yang terdaftar di BEI dan membukukan laba usaha selama periode 2011-2015 sehingga diperoleh tiga perusahaan telekomunikasi sebagai sampel yaitu PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk, PT. Indosat, Tbk, dan PT. XL Axiata, Tbk.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja keuangan yang paling baik berdasarkan perusahaan telekomunikasi yang dijadikan sampel yaitu PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk dengan perolehan nilai EVA dan MVA yang positif dalam kurun waktu lima tahun terakhir sehingga menghasilkan rata-rata nilai EVA dan MVA yang positif pula. Sedangkan kinerja keuangan yang paling buruk yaitu PT. Indosat, Tbk dengan perolehan nilai EVA dan MVA yang selalu negatif dalam kurun waktu lima tahun terakhir sehingga menghasilkan rata-rata nilai EVA dan MVA yang negatif. Sementara PT. XL Axiata memperoleh nilai EVA dan MVA yang berfluktuatif dalam kurun waktu lima tahun terakhir sehingga menghasilkan rata-rata nilai EVA yang negatif dan MVA yang positif.

Berdasarkan hasil penelitian terdapat kecenderungan apabila EVA suatu perusahaan positif maka investor akan memberikan penghargaan atas kinerja yang dilakukan perusahaan dengan merespon harga saham secara positif sehingga membuat nilai pasar meningkat dan MVA perusahaan tersebut pun ikut meningkat dengan perolehan yang positif.

Subjek

FINANCE
 

Katalog

ANALISIS KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN DENGAN METODE ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) DAN MARKET VALUE ADDED (MVA) PADA PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA TBK, PT INDOSAT TBK, DAN PT XL AXIATA TBK PERIODE 2011-2015
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD RIZKI FAUZI
Perorangan
BRADY RIKUMAHU, ANDRIETA SHINTIA DEWI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini