ANALISIS POSITIONING BERDASARKAN E-SERVQUAL PADA MEDIA MASSA ONLINE DI INDONESIA (Studi Kasus: Detik.com, Liputan6.com, Kompas.com, Okezone.com)

MUHAMMAD RIJALUL AFDHIL

Informasi Dasar

17.04.645
658
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK ANALISIS POSITIONING BERDASARKAN E-SERVQUAL PADA MEDIA MASSA ONLINE DI INDONESIA (Studi Kasus: Detik.com, Liputan6.com, Kompas.com, Okezone.com)

Perkembangan internet saat ini berdampak pada segala aspek, tak terkecuali kepada industri media massa, yakni ditandai dengan banyaknya muncul media massa online di Indonesia, diantaranya Detik.com, Liputan6.com, Kompas.com, Okezone.com. Masyarakat yang dulu hanya mengkonsumsi berita terkini melalui media cetak seperti koran, majalah dan media elektronik seperti televisi, radio, namun sekarang bisa mengakses berita dengan cepat, kapan dan dimana saja dari media massa online tersebut hanya dengan perangkat mobile mereka seperti smartphone, tablet, dll. Oleh karena itu para media massa online berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pembacanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui positioning dari keempat media massa online yaitu Detik.com, Liputan6.com, Kompas.com, Okezone.com berdasarkan e-servqual. Adapun atribut dalam penelitian ini berdasarkan dari penelitian sebelumnya, yaitu informational fit-to task, tailored communication, visual appeal, innovativeness, emotional appeal, ease of use, trust, consistent image, response time, dan relative advantage. Metode pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada para pembaca yang mengetahui dan pernah mengakses keempat media massa online dengan sampel sebanyak 400 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah Multidimensional Scaling (MDS) pada SPSS 20 dan menghasilkan perceptual map yang menggambarkan positioning dari keempat media massa online. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat diketahui bahwa Kompas.com telah diposisikan dengan baik oleh para pembaca dengan mengungguli sembilan dari sepuluh atribut e-servqual terkecuali atribut response time yang diungguli oleh Liputan6.com. Sedangkan untuk Detik.com dan Okezone.com belum terposisikan dengan baik dibenak para pembaca karena belum bisa mengungguli kesepuluh atribut e-servqual. Penelitian ini menyarankan agar Kompas.com dan Liputan6.com dapat mempertahankan keunggulan yang sudah dimilikinya agar tetap terposisikan dengan baik di benak para pembaca. Sedangkan untuk Detik.com dan Okezone.com perlu lebih bekerja keras lagi untuk mendapat persepi dan posisi yang lebih baik dari para pembaca. minimal pada satu atribut baik itu dengan cara melakukan inovasi pada tampilan website agar lebih menarik, menampilkan konten yang tidak kaku agar lebih mudah dicerna oleh para pembaca, serta melakukan lebih banyak promosi melalui iklan. Kata Kunci: Positioning, MDS, Media Massa Online, E-Servqual

Subjek

MARKETING
 

Katalog

ANALISIS POSITIONING BERDASARKAN E-SERVQUAL PADA MEDIA MASSA ONLINE DI INDONESIA (Studi Kasus: Detik.com, Liputan6.com, Kompas.com, Okezone.com)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD RIJALUL AFDHIL
Perorangan
DAMAYANTI OCTAVIA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini