Analisis Perumusan Strategi Bersaing Telkomsel Menggunakan Konsep 'Resource-Based View of The Firm' dengan Kerangka VRIO (Studi Kasus : PT Telkomsel Regional Jawa Barat)

KRISTINE BUTARBUTAR

Informasi Dasar

17.04.635
658
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dengan pertumbuhan internet yang semakin pesat, perusahaan penyedia layanan seluler semakin berlomba-lomba memberikan pelayanan terbaik dengan tarif termurah, yang berdampak pada semakin ketatnya persaingan perusahaan telekomunikasi di Indonesia, dimana hal ini secara langsung menuntut Telkomsel untuk menerapkan strategi bersaing yang tepat dalam pengelolaan bisnisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menilai sumber daya dan kapabilitas perusahaan yang berpotensi menghasilkan keunggulan kompetitif berkelanjutan melalui analisis resource based view, serta menghasilkan alternatif strategi dalam rangka mengeksploitasi sumber daya dan kapabilitas tersebut untuk menciptakan keunggulan kompetitif bagi perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dimana data diperoleh dari wawancara dengan penentuan informan purposive sampling, analisis dokumen perusahaan, serta jurnal penelitian lainnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan resource based view, kerangka VRIO, dan analisis relevansi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan memiliki sebanyak 21 sumber daya dan 11 kapabilitas yang berpotensi sebagai keunggulan kompetitif. Kemudian analisis menggunakan kerangka VRIO memberikan hasil bahwa sumber daya penyedia layanan Telkomsel yang mencapai sustainable competitive advantage terdapat sebanyak 13 sumber daya. Sedangkan kapabilitas yang dimiliki penyedia layanan Telkomsel yang mencapai sustainable competitive advantage terdapat sebanyak 7 kapabilitas.

Kata kunci : resource based view, competitive advantage, kerangka VRIO, analisis relevansi, formulasi strategi

Subjek

MANAGEMENT STRATEGY BUSINESS
 

Katalog

Analisis Perumusan Strategi Bersaing Telkomsel Menggunakan Konsep 'Resource-Based View of The Firm' dengan Kerangka VRIO (Studi Kasus : PT Telkomsel Regional Jawa Barat)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KRISTINE BUTARBUTAR
Perorangan
DODIE TRICAHYONO, TRI DJATMIKO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini