ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IPENERAPAN ENTERPRISE RISK MANAGEMENT (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2015)

MARIA AGNES SIREGAR

Informasi Dasar

17.04.596
657.072
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Semua kegiatan usaha pada dasarnya akan selalu diliputi dengan ketidakpastian yang dipenuhi dengan berbagai risiko yang saling berkaitan. Dalam penanganan risiko-risiko tersebut, perusahaan sektor industri asuransi menjadi tempat bagi orang, lembaga serta perusahaan sektor lain dalam upaya meminimalisir risiko yang mereka miliki. Supaya dapat memaksimalkan kinerjanya dalam melaksanakan manajemen risiko pemegang polis asuransi, maka perusahaan asuransi harus lebih dulu menerapkan manajemen risiko terintegrasi atau enterprise risk management. Dalam penelitian ini variabel independen yang digunakan adalah komposisi komisaris independen, risk management committee, dan ukuran perusahaan. Variabel dependen pada penelitian ini adalah penerapan enterprise risk management. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komposisi komisaris independen, risk management committee, dan ukuran perusahaan terhadap penerapan enterprise risk management pada perusahaan sektor industri asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015. Penelitian ini menggunakan teknik pemilihan sampel purposive sampling dan diperoleh 9 perusahaan dengan kurun waktu 5 tahun sehingga total sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 45 sampel. Data yang digunakan berasal dari laporan tahunan dan laporan keuangan perusahaan. Model analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi logistik dengan menggunakan software SPSS 20. Hasil pengujian menunjukkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara komposisi komisaris independen, risk management committee, dan ukuran perusahaan terhadap penerapan enterprise risk management. Berdasarkan pengujian secara parsial komposisi komisaris independen dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap penerapan enterprise risk management, dan hanya variabel risk management committee yang berpengaruh positif terhadap penerapan enterprise risk management. Kata kunci: komposisi komisaris independen, risk management committee, ukuran perusahaan, dan penerapan enterprise risk management.

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IPENERAPAN ENTERPRISE RISK MANAGEMENT (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2015)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MARIA AGNES SIREGAR
Perorangan
LENNY SUZZAN, EDDY BUDIONO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini