ANALISIS PENGARUH RETURN ON ASSET, RETURN ON EQUITY, NET PROFIT MARGIN DAN EARNING PER SHARE TERHADAP HARGA SAHAM (STUDI PADA PERUSAHAAN PROPERTY DAN REAL ESTATE YANG TERCATAT DI BEI PERIODE 2011-2015)

CHOIRUN IMAN NUGROHO

Informasi Dasar

17.04.586
657.072
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

 Setiap perusahaan pasti memiliki tujuan agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi perusahaan yang menghasilkan laba atau keuntungan yang besar. Salah satu sektor ekonomi yang mengalami pertumbuhan tertinggi adalah sektor keuangan, real estate, dan jasa perusahaan. Sektor ini mencatat pertumbuhan 7.56% di tahun 2013, cukup jauh diatas sektor-sektor lainnya. pertumbuhan ini menandai meningkatnya peran sektor tersebut dalam perekonomian Indonesia saat itu.  
 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara return on asset dengan harga saham secara parsial, pengaruh antara return on equity dengan harga saham  secara parsial, pengaruh antara net profit margin dengan harga saham secara parsial, pengaruh antara earning per share dengan harga saham secara parsial dan return on asset, return on equity, net profit margin, dan earning per share secara simultan terhadap harga saham.  

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif verifikatif yang bersifat kausalitas. Unit analisis pada penelitian ini adalah perusahaan real estate dan property yang tedaftar pada BEI. Data penelitian menggunakan data sampel yang dipilih melalui teknik purposive sampling dan diperoleh 6 perusahaan selama lima tahun, yaitu dari tahun 2011 sampai 2015. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi data panel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa return on asset, return on equity, net profit margin, dan earning per share secara simultan berpengaruh terhadap harga saham. Secara parsial, return on asset, return on equity dan net profit margin tidak berpengaruh terhadap harga saham. Sedangkan, earning per share berpengaruh positif terhadap harga saham. Penelitian mendatang dapat menambahkan variabel independen lain untuk mengetahui faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi harga saham, bagi perusahaan dapat lebih memperhatikan dan meningkatkan kinerja keuangan di perusahaan agar dapat menarik dan meningkatkan kepercayaan investor untuk berinvestasi di perusahaan. Bagi investor harus memperhatikan macam-macam faktor yang dapat mempengaruhi harga saham untuk berinvestasi di perusahaan yang diinginkan.

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

ANALISIS PENGARUH RETURN ON ASSET, RETURN ON EQUITY, NET PROFIT MARGIN DAN EARNING PER SHARE TERHADAP HARGA SAHAM (STUDI PADA PERUSAHAAN PROPERTY DAN REAL ESTATE YANG TERCATAT DI BEI PERIODE 2011-2015)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CHOIRUN IMAN NUGROHO
Perorangan
FARIDA TITIK KRISTANTI, MOHAMAD RAFKI NAZAR
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini