Implementasi Voice Command Terhadap Pembelajaran Anak Tunadaksa

Fierza Adilla Pratama

Informasi Dasar

613111057
620.001 1
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Dalam dunia pendidikan di Indonesia, penyandang tunadaksa dalam proses pembelajaran sebaiknya menggunakan teknologi sebagai solusi dalam mempermudah proses belajar tersebut. Anak tunadaksa secara umum memiliki keterbatasan dalam sensor motorik, sehingga dalam proses pembelajaran akan sulit karena tidak dapat menggunakan tangan dalam menulis maupun membuka buku pelajaran. Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran anak tunadaksa tersebut harus didampingi dan dibantu oleh guru,wali ataupun orang tuanya.
Dari permasalahan tersebut kita mencoba membuat sebuah aplikasi pembelajaran “Speak-up”padakomputer tablet berbasis android dengan memanfaatkan perintahsuara (voice command) sebagai solusi untuk mempermudah proses pembelajaran anak tunadaksa. Harapannya, proses pembelajaran pada pendidikan anak tunadaksa di Indonesia dapatditingkatkankualitasnya dengan menggunakan aplikasi ini.
Aplikasi speak up memiliki 3 (tiga) menu utamayaitupelajaran, latihan, danpraktikum. Semua menu yang adapadaaplikasi ini dijalankanmenggunakanperintahsuara. Kata yang digunakanpadaaplikasi speak up adalah “pelajaran”, “latihan”, “praktikum”, “tambah”, “kurang”, “satu”, “dua”, “tiga”, “empat”, “lima”, “maju”, “kembali”, “hilang”, dan “tutup”. voice command, android, tunadaksa, komputer tablet.

Subjek

TECHNOLOGICAL INNOVATION
 

Katalog

Implementasi Voice Command Terhadap Pembelajaran Anak Tunadaksa
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Fierza Adilla Pratama
Perorangan
Bambang Pudjoatmodjo, S.Si., M.T ; Bayu Munajat, ST, M.T
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini