Aplikasi Cerita Wayang berbasis Web (Cerita Baratayudha)

Gea Dhika N

Informasi Dasar

613101054
398.2
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Indonesia kaya akan beragam kebudayaan. Salah satu kebudayaan dari Indonesia yang terkenal dan mendunia adalah seni pewayangan. Tetapi sayangnya hanya sedikit generasi muda yang menggemari atau bahkan ingin mempelajari pewayangan lebih dalam. Padahal di dalam wayang sendiri banyak terdapat nilainilai moral yang dapat diambil. Rumah Wayang dibuat untuk menumbuhkan kecintaan generasi muda yaitu anak-anak kepada seni pewayangan.

Rumah Wayang adalah sebuah website interaktif yang menampilkan cerita wayang beserta tokoh-tokoh di dalamnya. Cerita wayang yang diangkat adalah cerita wayang Perang Baratayudha yang dibagi kedalam 5 babak cerita utama yang mudah untuk dimengerti anak-anak. Selain cerita, disediakan juga halaman khusus untuk anak-anak lebih mengenal karakter di dalam cerita Baratayudha.

Rumah Wayang dibangun menggunakan bahasa pemrograman HTML, CSS, javascript dan PHP. Untuk beberapa fungsionalitas menggunakan library javascript yaitu Jquery. Cerita di rumah wayang dibangun dengan menggunakan efek parallax sehingga menimbulkan kesan ruang dan terlihat lebih dinamis. Rumah wayang didesain untuk anak-anak, tetapi tidak menutup kemungkinan user dewasa untuk menggunakannya.

Penulis berharap semoga Rumah Wayang dapat menumbuhkan kecintaan anak-anak terhadap seni pewayangan, sehingga nilai-nilai moral yang ada di wayang tersampaikan dengan baik. wayang, perang Baratayudha, pemrograman web, JQuery

Subjek

Folk Literature
Folk Literature, Skripsi, REFERENCE,

Katalog

Aplikasi Cerita Wayang berbasis Web (Cerita Baratayudha)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Gea Dhika N
Perorangan
Eko Darwiyanto, ST., MT ; Alfian Akbar Gozali,ST
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini