Analisis Penggunaan Mobile Banking dengan Mengadopsi Technology Acceptance Model (TAM) (Studi Kasus pada Bank Central Asia di Jakarta)

FADHILAH AFIFAH

Informasi Dasar

17.04.460
658
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pentingnya melakukan penelitian tentang penggunaan mobile banking, dilatar belakangi oleh perkembangan teknologi informasi dan internet yang terus berkembang serta banyaknya pengguna mobile. Hal tersebut mempengaruhi pelayanan perbankan khususnya BCA lewat tersedianya layanan elektronik perbankan, yaitu mobile banking. Jakarta merupakan kota yang paling aware terhadap teknologi mobile banking, tetapi tingkat pengguna mobile banking masih rendah, yaitu di bawah 40%. BCA Mobile meraih peringkat pertama dalam beberapa award diantara perbankan lainnya yang menyediakan layanan sejenis.

Melalui penelitian ini akan mengevaluasi pengaruh variabel Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Perceived Credibility, Computer Self-Efficacy terhadap Behavioral Intention pada aplikasi BCA Mobile dengan menggunakan konsep Technology Acceptance Model (TAM).

Data dikumpulkan melalui kuesioner melalui email atau secara elektronik kepada 400 nasabah BCA berdomisili Jakarta yang menggunakan fasilitas BCA Mobile dan teknik analisis menggunakan analisis regresi linier berganda.

Berdasarkan evaluasi pengaruh dari konstruk dari Technology Acceptance Model (TAM) diperoleh hasil bahwa Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Perceived Credibility, Computer Self-Efficacy memiliki pengaruh terhadap Behavioral Intention.

Berdasarkan hasil penelitian, sebaiknya BCA Mobile dapat lebih mudah untuk dioperasikan, disederhanakan, serta memudahkan pengguna menadapatkan informasi mengenai cara penggunaan BCA Mobile.

Kata Kunci: Technology Acceptance Model (TAM), Mobile Banking, Manajemen Operasi

Subjek

Management - operation
 

Katalog

Analisis Penggunaan Mobile Banking dengan Mengadopsi Technology Acceptance Model (TAM) (Studi Kasus pada Bank Central Asia di Jakarta)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FADHILAH AFIFAH
Perorangan
SRI WIDIYANESTI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini