Ekonomi Makro Syariah

Vinna Sri Yuniarti

Informasi Dasar

17.01.236
297.273
Buku - Circulation (Dapat Dipinjam)
6b

Ekonomi makro atau makro ekonomi adalah studi tentang ekonomi secara keseluruhan, yang menjelaskan perubahan ekonomi yang memengaruhi banyak rumah tangga (household), perusahaan, dan pasar. Ekonomi makro merupakan cabang ilmu ekonomi yang khusus mempelajari mekanisme bekerjanya perekonomian sebagai suatu keseluruhan (agregate) berkaitan dengan penggunaan faktor produksi yang tersedia secara efisien agar kemakmuran masyarakat dapat dimaksimumkan. Ekonomi makro dapat digunakan untuk menganalisis cara terbaik untuk memengaruhi target-target kebijaksanaan, seperti pertumbuhan ekonomi, stabilitas harga, tenaga kerja dan pencapaian keseimbangan neraca yang berkesinambungan.

Tidak seperti ilmu ekonomi mikro yang mempelajari variabel ekonomi dalam lingkup kecil, seperti perusahaan dan rumah tangga, ilmu ekonomi makro mempelajari variabel ekonomi secara agregat (keseluruhan). Variabel-variabel tersebut, antara lain mengenai pendapatan nasional, kesempatan kerja dan atau pengangguran, jumlah uang beredar, laju inflasi, pertumbuhan ekonomi maupun neraca pembayaran internasional.

Permasalahan makro ekonomi terjadi pada setiap negara, baik negara maju maupun negara berkembang. Oleh karena itu, pemerintah mengambil kebijakan makro ekonomi agar pembangunan nasional dapat berjalan dengan baik. Pada intinya, ekonomi makro menganalisis penentuan tingkat kegiatan ekonomi yang diukur dari pendapatan sehingga ekonomi makro sering dinamakan sebagai teori pendapatan (income theory).

Tujuan dan sasaran analisis ekonomi makro, antara lain membahas masalah sisi permintaan agregate dalam menentukan tingkat kegiatan ekonomi dan pentingnya kebijakan dan campur tangan pemerintah untuk mewujudkan prestasi kegiatan ekonomi yang diinginkan.

Subjek

ISLAM AND ECONOMICS
 

Katalog

Ekonomi Makro Syariah
978-979-076-612-9
xii, 300p.: il.; 23cm.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Ya

Pengarang

Vinna Sri Yuniarti
Perorangan
 
 

Penerbit

Pustaka Setia
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini