ANALISA DAN IMPLEMENTASI TEKNIK KRIPTOGRAFI PADA CITRA DIGITAL DENGAN MENGGUNAKAN KRIPTOGRAFI VISUAL

IDA BAGUS GDE SUWITRISNA PUTRA

Informasi Dasar

17.04.441
620.007
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Kriptografi Visual merupakan perluasan teknik kriptografi dari secret sharing untuk mengamankan sebuah citra. Secret sharing adalah salah satu metode untuk mengamankan suatu rahasia dengan membagi data tersebut menjadi beberapa bagian yang di sebut share. Tujuan dari pembagian tersebut adalah agar pengguna dapat melindungi kunci tanpa takut terlupa atau hilang. Sebelumnya telah dilakukan penelitian mengenai Kriptografi Visual untuk mengetahui keberhasilan dalam pengimplementasian Kriptografi Visual jika di aplikasikan. Kemudian dilakukan juga penelitian mengenai pengimplementasian Kriptografi Visual pada RGB image . Terdapat juga penelitian bagaimana cara untuk mengembangkan Kriptografi Visual dengan algoritma lainnya dan juga pemanfaatan steganografi pada Kriptografi Visual.

Pada tugas akhir ini akan mencoba mengaplikasikan metoda Kriptografi Visual pada citra digital dan menghitung waktu komputasinya. Enkripsi yang dilakukan adalah pembentukan 2 share dan 4 share. Teknik yang digunakan yaitu eksperimental. Pengimplementasian akan menggunakan software MATLAB R2014a untuk Bahasa pemrogramannya. Pada tugas akhir ini juga akan melihat perbedaan hasil dekripsi pada hasil pembentukan 2 share image dan 4 share image serta dampaknya jika terkena noise.

Pengujian kinerja kriptografi dilakukan dengan membandingkan data dari hasil implementasi 2 share dan 4 share. Data yang dilihat adalah waktu komputasi yang diperlukan untuk keduanya dapat mengenkripsi pesan, kualitas gambar, dan ketahanan noise. Dari hasil pengukuran setelah mencoba pada beberapa citra digital maka diketahui waktu enkripsi berkisar di 2-6 detik untuk 2 share dan 4-10 detik untuk 4 share. Hasil dekripsi pada Kriptografi ini mengalami perbedaan pada saat terkena serangan noise.

Kata kunci : Kriptografi, visual, enkripsi, dekripsi, citra

Subjek

Cryptography
 

Katalog

ANALISA DAN IMPLEMENTASI TEKNIK KRIPTOGRAFI PADA CITRA DIGITAL DENGAN MENGGUNAKAN KRIPTOGRAFI VISUAL
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IDA BAGUS GDE SUWITRISNA PUTRA
Perorangan
RITA MAGDALENA, NUR ANDINI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • TTG4L3 - KRIPTOGRAFI DAN KEAMANAN JARINGAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini