PEMETAAN GENOM KECERDASAN KOLEKTIF DALAM FORUM KOMUNITAS ONLINE SEBAGAI PENDUKUNG KEBERLANGSUNGAN UMKM (STUDI KASUS PADA FORUM BISNIS KASKUS)

AULIA TRIE HUTAMA

Informasi Dasar

17.04.439
302.302 85
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Hadirnya internet sebagai era ekonomi modern membuat banyak tantangan kepada setiap masyarakat untuk bisa menyeimbangkan tatanan ekonominya dengan sarana yang ada. Hal ini memiliki manfaat tersendiri bagi UMKM di Indonesia yang 99% adalah usaha kecil dan mikro. Internet harus lebih dimanfaatkan sebagai hal positif bagi UMKM. Pada era sekarang, Banyak penyedia online yang memberikan sarana bagi setiap pengguna internet untuk berinteraksi satu sama lain. Peneliti merujuk pada satu situs yaitu Kaskus dengan forum bisnisnya sebagai situs komunitas online terbesar di Indonesia, peneliti memilih kaskus mengacu pada dasar situs tersebut memang ditujukan kepada forum, kelompok, maupun komunitas. Sehingga memiliki peran penting terhadap pemanfaatan situs untuk kegiatan usaha, termasuk forum bisnis kaskus. Subforum bisnis pada kaskus.co.id membahas segala hal seputar bisnis, dengan sepuluh subforum didalamnya. Studi kasus pada forum bisnis kaskus akan dipetakan dengan Genom Kecerdasan Kolektif (KK) dari Malone (2010). KK adalah kemampuan interaksi yang dimiliki oleh setiap individu dalam suatu kerumunan yang membentuk kecerdasan tak terbatas. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian secara mendasar menunjukan bahwa tidak ditemukan gen decide pada objek penelitian. Kemudian gen what create, crowd, glory, dan collection ditemukan. Dengan hasil seperti ini, forum bisnis kaskus memang menjadi salah satu sarana yang produktif untuk pemanfaatan internet. Tidak adanya gen decide berarti pada forum bisnis kaskus tidak ada pemilihan oleh kelompok maupun manajemen dalam memilih bahasan terbaik maupun keputusan dalam diskusi yang terbaik, sehingga setiap individu akan memilih dan mencari sendiri kesimpulan dari setiap bahasan. Hal ini juga menjadi saran bagi forum bisnis kaskus dan penyedia layanan online untuk memberikan inovasi mengenai keputusan suatu forum.

Kata Kunci : komunitas online, Collective Intelligence Genome, Collective Intelligence Model Sistem.

Subjek

ONLINE SOCIAL NETWORKS
 

Katalog

PEMETAAN GENOM KECERDASAN KOLEKTIF DALAM FORUM KOMUNITAS ONLINE SEBAGAI PENDUKUNG KEBERLANGSUNGAN UMKM (STUDI KASUS PADA FORUM BISNIS KASKUS)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AULIA TRIE HUTAMA
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini