ANALISIS KALKULASI BODY MASS INDEX DENGAN PENGOLAHAN CITRA DIGITAL BERBASIS APLIKASI ANDROID

NASYA AYUDINA DARSONO

Informasi Dasar

17.04.429
620.007
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saat ini masalah obesitas dan kekurangan gizi menjadi salah satu masalah kesehatan yang penting. Menurut WHO (2000) diperkirakan lebih dari 700 juta orang dewasa akan mengalami kegemukkan pada tahun 2015 dan dugaan akan terjadi peningkatan prevalensi obesitas yang mencapai 50% pada tahun 2025 bagi negara-negara maju. Untuk mengurangi resiko tersebut telah dikeluarkannya sebuah standar rumus oleh Badan Kesehatan Dunia bernama Body Mass Index (BMI). Rumus ini mengacu pada perhitungan antara tinggi dan berat badan seseorang yang menghasilkan sebuah kategori nilai standar berdasarkan postur tubuhnya.

Pada tugas akhir ini dirancang sebuah aplikasi Android yang dapat menghitung BMI melalui sebuah citra dengan algoritma pengolahan citra digital. Metode yang digunakan adalah metode teknik spasial. Pada tahap pertama, citra yang didapat dilakukan proses cropping untuk mendapatkan RoI, yaitu lebar dan tinggi citra seluruh tubuh seseorang. Setelah itu piksel diolah dengan melakukan normalisasi tinggi dan lebar piksel RoI dan menghitung BMI menggunakan formula rumus silinder elips untuk mendapatkan nilai luas permukaan tubuh (BSA) dan tinggi piksel setelah normalisasi

Dari hasil perancangan sistem aplikasi, keluaran nilai BMI menggunakan pengolahan citra digital mempunyai akurasi optimal 91,67% pada resize 480x640 dan posisi sudut pengambilan posisi kamera yang sejajar leher objek.

Kata Kunci: Body Mass Index, Body Surface Area, Mosteller, Pengolahan Citra Digital, Piksel, Luas Permukaan Tabung Silinder Elips, Android, RoI.

Subjek

IMAGE PROCESSING
 

Katalog

ANALISIS KALKULASI BODY MASS INDEX DENGAN PENGOLAHAN CITRA DIGITAL BERBASIS APLIKASI ANDROID
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NASYA AYUDINA DARSONO
Perorangan
BAMBANG HIDAYAT, HILMAN FAUZI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini