APLIKASI KONTROL DAN MONITORING PADA OTOPAD ELEKTRIK VIA BLUETOOTH BERBASIS ANDROID

ALIF HAFIT FANDRIANSYAH

Informasi Dasar

17.04.399
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Di zaman modern ini banyak sekali aplikasi Android dengan menggunakan teknologi Bluetooth. Kemudahan dalam menggunakan teknologi Bluetooth adalah karena harga yang terjangkau dan bisa dikendalikan dari jarak yang cukup jauh. Salah satu penerapan dari Bluetooth untuk perangkat berbasis Android adalah kontrol sebuah kendaraan. Sebuah kendaraan seperti skuter elektrik bisa dikendalikan hanya dari ponsel dengan memasang modul Bluetooth kemudian dilakukan pairing dengan perangkat Android. setelah pairing berhasil, perangkat Android tersebut bisa digunakan untuk mengontrol skuter elektrik tersebut.

Pada penelitian ini akan dirancang sebuah aplikasi remote yang diimplementasikan pada perangkat Android seperti smartphone dan tablet. Aplikasi ini digunakan sebagai remote untuk mengontrol sebuah Otopad elektrik. Penelitian ini menggunakan modul mikrokontroler ATmega128A sebagai pengontrol utama dan modul Bluetooth HC-05 yang ditanam pada Otopad elektrik sebagai penghubung antara ATmega128A dengan perangkat Android.

Hasil akhir yang didapatkan dari penelitian ini adalah berupa aplikasi pada perangkat Android yang berfungsi sebagai remote pada Otopad elektrik. Dari hasil pengujian didapat delay rata-rata selama 0,94678 detik untuk gerakan maju, 0,94533 detik untuk gerakan belok kanan, 0,95616 detik untuk gerakan belok kiri, dan 1,59555 detik untuk proses pairing.

Kata Kunci : Android, Otopad elektrik, Bluetooth, remote, Mikrokontroler

Subjek

APPLICATION PROGRAMS
 

Katalog

APLIKASI KONTROL DAN MONITORING PADA OTOPAD ELEKTRIK VIA BLUETOOTH BERBASIS ANDROID
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALIF HAFIT FANDRIANSYAH
Perorangan
BURHANUDDIN DIRGANTORO, ANDREW BRIAN OSMOND
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • CEG3F3 - APLIKASI MOBILE
  • CEG3B3 - MIKROPROSESOR DAN SISTEM EMBEDDED

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini