ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN TCASH MENGGUNAKAN UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY 2 (UTAUT2) STUDI PADA MAHASISWA PENGGUNA TCASH DI UNIVERSITAS TELKOM

EGI RADIANSYAH

Informasi Dasar

17.04.299
658
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) merupakan program untuk melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat melalui praktik penggunaan instrumen non tunai sehingga pengguna menjadi terbiasa dan merasa nyaman untuk menggunakan instrumen pembayaran non tunai. Telkomsel mempunyai produk jasa yaitu TCash, TCash adalah layanan uang elektronik yang dimana uang elektronik ini dapat digunakan sebagai alat pembayaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan TCash oleh mahasiswa Universitas Telkom pengguna TCash. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah model UTAUT2, variabel independen dalam UTAUT2 yaitu performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions, hedovonic motivation, price value, and habit. Variabel intervening yaitu behavioral intention, variabel dependen yaitu use behavior serta variabel moderator yaitu age, gender dan experience.

Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Telkom pengguna TCash sedangkan sampel pada penelitian ini adalah sebagian mahasiswa Universitas Telkom pengguna TCash. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran melalui kuesioner online maupun bertemu langsung. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 385 orang. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik Partial Least Square (PLS) dengan bantuan aplikasi SmartPLS 2.0.

Dari hasil pengolahan dan analisis data didapatkan hasil penelitian bahwa pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen melalui variabel intervening memiliki pengaruh pengaruh yang signifikan kecuali variabel effort expectancy dan habit. Pengaruh variabel independen dan intervening terhadap variabel dependen memiliki pengaruh yang signifikan. Pengaruh variabel moderator age, gender dan experience memiliki hasil yang berbeda tergantung rentang umur, jenis kelamin dan pengalaman penggunaan TCash oleh mahasiswa pengguna TCash di Universitas Telkom.

Kata Kunci: UTAUT 2; TCash; Perilaku Konsumen

Subjek

CONSUMER BEHAVIOR
 

Katalog

ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN TCASH MENGGUNAKAN UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY 2 (UTAUT2) STUDI PADA MAHASISWA PENGGUNA TCASH DI UNIVERSITAS TELKOM
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

EGI RADIANSYAH
Perorangan
MAYA ARIYANTI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • BM62G3 - PERILAKU KONSUMEN
  • EBI3C3 - PERILAKU KONSUMEN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini