Desain dan Implementasi kendali pergerakan parallax shot pada slider kamera

HISYAM KAMIL CHANDRAZAMAN

Informasi Dasar

17.04.187
620.007
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Salah satu teknik pengambilan gambar dalam pergerakan kamera pada pembuatan video atau film yaitu parallax shot. Parallax shot adalah pergerakkan kamera ketika kamera bergerak dalam satu arah biasanya menyamping ke kanan atau ke kiri dalam istilah sinematografi dikenal sebagai crab sedangkan poros kamera bergerak ke arah sebaliknya pada istilah sinematografi dikenal sebagi panning sehingga ketika bergerak lensa kamera selalu mengarah pada satu objek. Untuk memudahkan teknik pergerakkan kamera parallax shot ini biasanya menggunakan alat bantu yang disebut slider. Pada umumnya slider digerakkan secara manual sehingga pergerakkannya menjadi kurang stabil dan halus terutama untuk melakukan teknik parallax shot karena harus melakukan pergerakan crab dan panning secara bersamaan.

Pada tugas akhir ini akan dibuat slider yang dimodelkan dan dirancang sendiri agar dapat melakukan teknik parallax shot secara otomatis yang objek fokusnya berwarna merah. Sistem dari slider ini dapat bergerak 2 derajat kebebasan dengan menggunakan 1 motor DC sebagai penggerak slider satu arah(crab) dan 1 servo sebagai penggerak poros slider (panning).

Setelah pengendali dan pengolah citra dirancang dan diimplementasikan dapat dilihat bahwa pada saat slider berjalan dari satu sisi ke sisi lainnya, kamera tetap fokus pada objek yang diinginkan. Namun pada saat slider bergerak mendekati objek, error semakin besar, saat slider menjauhi objek, error semakin kecil kembali dengan rata-rata error sebesar 13,08333 pixel pada jarak objek sejauh 30 cm dari slider, 9,9047619 pixel pada jarak objek sejauh 50 cm dari slider. Sedangkan ukuran objek tidak berpengaruh pada rata rata error di setiap frame yang diambil

Subjek

ELECTRICAL ENGINEERING
 

Katalog

Desain dan Implementasi kendali pergerakan parallax shot pada slider kamera
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HISYAM KAMIL CHANDRAZAMAN
Perorangan
FIKY YOSEF SURATMAN, CAHYANTARI EKAPUTRI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • TTG4M3 - COMPUTER VISION
  • ETH2C4 - MIKROKOMPUTER
  • ETH3C3 - SISTEM KENDALI DASAR
  • ETH3J3 - SISTEM KENDALI DIGITAL
  • TTH4P3 - COMPUTER VISION B
  • TEI2D4 - MIKROKOMPUTER
  • TEI3E3 - SISTEM KENDALI DASAR
  • TEI4D3 - SISTEM KENDALI DIGITAL

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini