Analisis dan Implementasi Modulator DVB-T2 pada Software Defined Radio

ANINDITYA WAHYU ADI

Informasi Dasar

17.04.154
620.007
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Berkembangnya teknologi penyiaran televisi digital (Digital TV) di dunia mengikuti dengan kebutuhan konten yang akan disampaikan pada pemirsa. Beberapa standar siaran terrestrial yang digunakan di dunia saat ini ada DVB-T2 (Eropa), ATSC (Amerika), DTMB (China) dan ISDB-T (Amerika Selatan dan Jepang). Pemerintah melalui Kementrian Kominfo sudah menerapkan teknologi DVB-T2 di Indonesia sebagai basis penyiaran bebas berbayar (free-to-air).

Teknologi DVB-T2 menawarkan penghematan bandwidth dibandingkan dengan siaran televisi analog. Hal tersebut akibat penggunaan modulasi OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing) pada televisi digital. Dibandingkan dengan pendahulunya, DVB-T, DVB-T2 menawarkan banyak kelebihan yang utamanya adalah meningkatkan kualitas dan ketahanan sinyal terhadap fading serta efisiensi spektrum. Di Indonesia sendiri, televisi digital baru bisa dinikmati masyarakat kota-kota besar saja, dan dengan kanal program terbatas. Hal ini terjadi dikarenakan mahalnya perangkat siaran baru untuk televisi digital.

Software Defined Radio (SDR) chip merupakan perangkat berbasis radio yang komponen-komponennya digantikan dengan sistem perangkat lunak. SDR memiliki keunggulan dimana perangkat keras atau hardware-nya menjadi lebih sederhana dan rentang frekuensi penggunaan yang lebar. Salah satu fungsi SDR adalah pengembangan lebih lanjut untuk sistem komunikasi radio.

Pada Tugas Akhir ini, modulator DVB-T2 akan diimplementasikan pada software defined radio dan perangkat RF Front-end. Kemudian hasil simulasi tersebut ditangkap menggunakan penerimaan Set Top Box (STB) DVB-T2. Hasil dari penerimaan tersebut dilakukan pengujian fungsi sistem dan pengukuran kualitas dengan metode MOS. Nilai MOS tertinggi dengan kategori good (?3,5) didapat pada jenis modulasi 16QAM FFT 16K code rate 1/2, 64QAM FFT 16K code rate 1/2 dan 256QAM FFT 4K code rate 1/2.

Kata kunci: DVB-T2, Modulator, TV Digital, Software Defined Radio, RF

Subjek

ENGINEERING
 

Katalog

Analisis dan Implementasi Modulator DVB-T2 pada Software Defined Radio
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANINDITYA WAHYU ADI
Perorangan
Achmad Ali Muayyadi, Afief Dias Pambudi
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini