INTELLIGENT TRANSPORTATION SYSTEM BERBASIS INTERNET OF THINGS SUBSISTEM : KOMUNIKASI

IVAN

Informasi Dasar

17.04.115
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kemacetan merupakan permasalahan umum yang terjadi di jalan raya yang disebabkan menumpuknya antrian pada lampu lalu lintas. Kondisi ini terjadi pada jalan yang heterogen dan menggunakan teknologi lampu lalu lintas fixed time control yang bekerja dengan membagi waktu tunggu setiap simpang sama rata. Hal ini tentu tidak efisien jika kepadatan lalu lintas di setiap arah yang berbeda setiap jalannya. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan Intelligent Transportation System.

Pada Tugas Akhir ini, sistem yang dibuat menggunakan beberapa alat seperti Arduino Mega 2560, Arduino Ethernet Shield, dan ultrasonic sensor diletakkan dibawah pada persimpangan jalan dan mengirim sinyal untuk menunjukkan adanya kendaraan ketika kendaraan melewati loop atau berhenti. Data dari ultrasonic sensor dikirim melalui wire dan wireless kemudian ditransmisikan ke regional computer sehingga data dapat diolah. Data kemudian dikirim ke traffic processor system di traffic control centre.

    Dalam Tugas Akhir ini hasil yang lebih akurat diperoleh dari ultrasonic sensor yang digunakan pada sistem tansportasi cerdas dibandingkan penelitian sebelumnya. Data time delay rata-rata dari pengujian dan analisis adalah 0.26253 detik untuk setiap pengiriman data. Hasil ini didukung juga dengan pengujian paket loss yang kecil utuk setiap pengirimannya.

Kata kunci : Intelligent Transportation System, Arduino Mega 2560, Arduino Ethernet Shield, ultrasonic sensor, Bmon dan Slurm.

Subjek

Networks
 

Katalog

INTELLIGENT TRANSPORTATION SYSTEM BERBASIS INTERNET OF THINGS SUBSISTEM : KOMUNIKASI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IVAN
Perorangan
AGUS VIRGONO, ANGGUNMEKA LUHUR
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Komputer
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • SK2003 - JARINGAN KOMPUTER
  • SK3023 - ARSITEKTUR JARINGAN
  • CEG3A3 - INSTALASI DAN PENGUKURAN JARINGAN
  • FEG2G3 - JARINGAN KOMPUTER DAN DATA
  • FEG4C4 - TUGAS AKHIR
  • CEH2G3 - JARINGAN KOMPUTER DAN DATA I

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini