ANALISIS PERFORMANSI LOAD BALANCING PADA JARINGAN SOFTWARE DEFINED NETWORKING (SDN) MENGGUNAKAN FINITE STATE MACHINE (FSM)

MUHAMMAD FIRDAUS

Informasi Dasar

17.04.107
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Peningkatan jumlah pengguna internet membuat kinerja server semakin berat, pemanfaatan teknologi load balancing membantu untuk mereduksi kinerja server sehingga kerja server tidak terlalu terbebani. Saat ini pemanfaatan load balancer masih sangat terbatas karena terdapat banyak limitasi di dalamnya sehingga menjadi tidak fleksibel dan terlalu mahal untuk diimplementasikan. terdapat sebuah teknologi yang mengatasi masalah limitasi pada load balancer. SDN merupakan teknologi yang memisahkan fungsi antara control plane dan data plane sehingga menjadikan control plane sebagai pusat keputusan dalam jaringan. pada tugas akhir ini kami mengusulkan sebuah metode kombinasi load balancing berdasarkan least connection dan response time, metode ini akan dijadikan parameter pembanding untuk melakukan keputusan forwarding server. Dengan metode ini hasil yang didapatkan dengan perbandingan antara pemakaian load balancing dan tanpa pemakaian load balancing mengalami penurunan response time sebesar 58.77%.

Subjek

NETWORK
 

Katalog

ANALISIS PERFORMANSI LOAD BALANCING PADA JARINGAN SOFTWARE DEFINED NETWORKING (SDN) MENGGUNAKAN FINITE STATE MACHINE (FSM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD FIRDAUS
Perorangan
AGUS VIRGONO, SOFIA NANING HERTIANA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Komputer
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • CEG3A3 - INSTALASI DAN PENGUKURAN JARINGAN
  • CEG4G3 - PENGANTAR JARINGAN MASA DEPAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini