Desain dan Implementasi Sistem Telekontrol Smart Aquarium Untuk Scleropages Formosus Berbasis Internet of Things

FACHRI RAMADHAN

Informasi Dasar

17.04.104
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Ikan arwana (Scleropages formosus) adalah salah satu spesies ikan yang memiliki habitat asli di Indonesia. Ikan ini sudah lama menjadi komoditas yang digandrungi oleh masyarakat karena nilai ekonomisnya yang sangat tinggi. Namun ternyata perawatan arwana didalam akuarium tidak semudah merawat ikan hias lain. Untuk pemula yang baru memulai memelihara arwana akan kerepotan dengan teknik-teknik perawatannya yang memang harus membutuhkan perhatian khusus.

Untuk mengatasi hal tersebut, dalam tugas akhir ini telah dibangun suatu sistem telekontrol Smart aquarium yang mengimplementasikan teknik Internet of Things (IoT). Sistem telekontrol ini terintegrasi dengan sensor-sensor yang tertanam pada akuarium. Telekontrol berfungsi sebagai gateway yang mengatur lalu lintas data dari perangkat keras ke server dan sebaliknya melalui internet. Perangkat yang digunakan dalam sistem ini adalah Raspberry Pi model B ditambah dengan WiFi Dongle sebagai interface untuk terhubung dengan jaringan internet. Dalam pertukaran data pada sistem ini digunakan protokol MQTT sebagai protokol yang sesuai dengan konsep IoT.

Dari hasil pengujian yang dilakukan terhadap sistem diperoleh data response time sebesar 1,608 s dalam mengeksekusi perintah yang diberikan dari client melalui smartphone untuk monitoring, 1,174 s untuk pengecekan suhu, 0.492 s untuk informasi pemberian pakan. Delay rata-rata dalam proses transfer data ke cloud sebesar 0.120375 s.

Subjek

COMPUTER NETWORK
 

Katalog

Desain dan Implementasi Sistem Telekontrol Smart Aquarium Untuk Scleropages Formosus Berbasis Internet of Things
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FACHRI RAMADHAN
Perorangan
AGUNG NUGROHO JATI, RIFKI WIJAYA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Komputer
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini