ANALISIS DAN PERANCANGAN WEBSITE MODUL MARKETPLACE UNTUK KOMUNITAS SOCIAL ENTREPRENEURSHIP DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK MENGGUNAKAN METODE WATERFALL.

RENI MERDEKA WATI

Informasi Dasar

17.04.073
005.372
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

UMKM adalah salah satu sektor yang memiliki peran penting dari perekonomian suatu negara maupun daerah, begitu juga dengan negara Indonesia UMKM memiliki peranan penting dalam lajunya perekonomian masyarakat. Masalah yang hingga kini masih menjadi kendala dalam pengembangan usaha UMKM adalah keterbatasan modal yang dimiliki . Selain itu UMKM mengalami kesulitan dalam melakukan pemasaran dari produk yang dihasilkan. Permasalahan lain yang dihadapai oleh UMKM untuk melakukan pemasaran yaitu karena adanya persaingan dan minimnya channel yang dimiliki oleh UMKM. Dengan demikian UMKM membutuhkan sebuah wadah yang dapat membantu pemasaran produk UMKM untuk meningkatkan penjualan. Pemilihan penyebaran informasi dengan menggunakan marketplace akan memudahkan UKM berinteraksi serta memasarkan produk yang telah diproduksi. Marketplace merupakan sebuah outlet online yang merupakan bagian dari e-commerce dan bertindak sebagai penghubung antara penjual dan pembeli yang dapat menggunakan outlet online untuk melakukan transaksi dimana, secara umum sebuah marketplace akan mengelola data pelanggan, proses pemesanan, dan proses transaksi sebelum pesanan dikirimkan ke pembeli. UMKM yang menjadi fokus pada penilitian ini yaitu social entrepreneur. Website ini menerapkan metode Waterfallyang bisa mengakomodasi jika terjadi perubahan pada tahapan pengembangan yang telah dilakukan. Analisis dan perancangan website ini menggunakan UML. Desain website diuji dengan melakukan pengujian menggunakan mockup interaktif kepada user untuk mengetahui kesesuaian requirement dan kenyamanan desain serta memperoleh feedback dari user. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem yang dibangun sesuai dengan perancangan sistem dan kebutuhan user. Hasil penelitian ini adalah website yang dapat mempermudah UMKM dalam melakukan pemasaran produk, serta dapat memudahkan UMKM dalam mengolah produk dan transaksi lebih efektif dan terdokumentasikan dengan baik..

Subjek

E-COMMERCE
 

Katalog

ANALISIS DAN PERANCANGAN WEBSITE MODUL MARKETPLACE UNTUK KOMUNITAS SOCIAL ENTREPRENEURSHIP DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK MENGGUNAKAN METODE WATERFALL.
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RENI MERDEKA WATI
Perorangan
NIA AMBARSARI, FAISHAL MUFIED AL-ANSHARY
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini