ANALISIS PENGARUH MATURITAS OBLIGASI, RASIO PROFITABILITAS DAN RASIO LEVERAGE TERHADAP PERINGKAT OBLIGASI (Studi Pada Perusahaan Subsektor Infrastruktur, Utilitas dan Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2014)

FARAH ABDILLAH

Informasi Dasar

17.04.012
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sumber dana suatu perusahaan berasal dari sumber internal dan sumber eksternal. Sumber internal merupakan gabungan dana yang terkumpul dari para pemegang saham perusahaan tersebut. Sedangkan sumber dana eksternal berasal dari luar perusahaan diantaranya dari supplier, kreditur atau bank dan juga dari kegiatan di pasar modal. Salah satu kegiatan mencari dana eksternal di pasar modal adalah dengan menerbitkan obligasi. Obligasi merupakan suatu surat berharga dimana perusahaan menyatakan utang kepada pemegang obligasi dengan setuju melakukan pembayaran bunga dan pokok pinjaman pada tanggal yang telah ditentukan. Obligasi merupakan surat berharga yang cukup rendah risikonya, namun terdapat pula risiko dimana penerbit tidak mampu membayar utang obligasinya (default). Untuk menghindari risiko tersebut, investor obligasi dapat melihat kualitas obligasi dari peringkatnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Maturitas Obligasi, Rasio Profitabilitas dan Rasio Leverage terhadap Peringkat Obligasi pada obligasi yang diterbitkan dan diperingkat oleh PT. Pemeringkat Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah obligasi yang diterbitkan perusahaan subsektor infrastruktur, utilitas dan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010 sampai 2014. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh 102 obligasi yang akan menjadi sampel penelitian. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah regresi logistik. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara Maturitas Obligasi, Rasio Profitbilitas dan Rasio Leverage terhadap peringkat obligasi. Secara parsial maturitas obligasi tidak berpengaruh signifikan terhadap peringkat obligasi, rasio profitabilitas berpengaruh positif dan rasio leverage berpengaruh negatif terhadap peringkat obligasi.

Kata Kunci: Maturitas Obligasi, Rasio Profitabilitas, Rasio Leverage, Peringkat Obligasi

Subjek

ACCOUNTING FOR BUSINESS
 

Katalog

ANALISIS PENGARUH MATURITAS OBLIGASI, RASIO PROFITABILITAS DAN RASIO LEVERAGE TERHADAP PERINGKAT OBLIGASI (Studi Pada Perusahaan Subsektor Infrastruktur, Utilitas dan Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2014)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FARAH ABDILLAH
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini