KINERJA KEUANGAN: INTELLECTUAL CAPITAL DAN KEUNGGULAN KOMPETITIF (Studi pada Industri Manufaktur Sektor Barang Konsumsi yang Go Public di Indonesia Periode 2012-2014)

AKBAR ADIGUNA SETIABUDI

Informasi Dasar

17.04.005
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intellectual capital yang terdiri dari VACA, VAHU, dan STVA terhadap kinerja perusahaan yang diukur menggunakan NPM, dengan keunggulan kompetitif sebagai variabel intervening yang diukur dengan ROIC baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif verifikatif yang bersifat kausalitas. Unit analisis pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi. Data penelitian menggunakan data sampel yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Dari pemilihan sampel, diperoleh 23 perusahaan dengan periode selama 3 tahun, yaitu dari tahun 2012 sampai 2014. Penelitian ini menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil pengujian menunjukan bahwa 1) intellectual capital berpengaruh signifikan terhadap keunggulan kompetitif 2) intellectual capital berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan 3) VACA memiliki pengaruh yang signifikan ke arah positif terhadap keunggulan kompetitif namun tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan, 4) VAHU memiliki pengaruh yang signifikan ke arah positif terhadap keunggulan kompetitif dan kinerja keuangan, 5) STVA tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keunggulan kompetitif dan kinerja keuangan

Subjek

ACCOUNTING MANAGEMENT
 

Katalog

KINERJA KEUANGAN: INTELLECTUAL CAPITAL DAN KEUNGGULAN KOMPETITIF (Studi pada Industri Manufaktur Sektor Barang Konsumsi yang Go Public di Indonesia Periode 2012-2014)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AKBAR ADIGUNA SETIABUDI
Perorangan
MAJIDAH, MUHAMAD MUSLIH
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini