PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI KEPENDUDUKAN BERBASIS WEB DAN SMS GATEWAY (STUDI KASUS PERUMAHAN PESONA BALI)

RIYO SURYA PUTRA

Informasi Dasar

16.06.679
620.007
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Sistem Informasi adalah sistem yang menggunakan teknologi komputer untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan dan menyebarkan informasi. Contohnya Sistem Informasi Kependudukan untuk menyimpan seluruh data warga dan menyimpan pembayaran iuran warga. Perekapan data di Pesona Bali saat ini menggunakan aplikasi Microsoft Excel untuk menyimpan data penduduk dan menggunakan buku untuk menyimpan data pembayaran iuran warga. Permasalahan yang terjadi jika perekapan data masih menggunakan Microsoft Excel, file yang ada di dalam laptop atau PC tersebut bisa hilang atau tidak sengaja terhapus. Dan permasalahan yang terjadi apabila perekapan data pembayaran iuran warga yang masih menggunakan buku, dapat terjadi kerusakan atau kehilangan pada buku tersebut, sehingga kita harus melakukan pendataan ulang. Untuk mengatasi hal tersebut, pada proyek akhir ini dibuat “Perancangann dan Implementasi Sistem Informasi Kependudukan Berbasis Web Dan SMS Gateway”. Dalam aplikasi ini ketua RT atau ketua RW melakukan pengisian data pada form di website dan SMS Gateway berfungsi untuk memberikan notifikasi pembayaran dan mengingatkan warga agar tidak lupa membayar iuran bulanan warga. Berdasarkan hasil pengujian dan implementasi, didapatkan hasil bahwa aplikasi ini memudahkan pihak admin dalam melakukan pengisian data penduduk dan menyimpan data pembayaran warga dengan mengacu pada hasil kuesioner performansi yang didapat yaitu 4.21 (kategori sangat baik). Kata kunci : Sistem Informasi, Pesona Bali, PHP , MySQL

Subjek

INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI KEPENDUDUKAN BERBASIS WEB DAN SMS GATEWAY (STUDI KASUS PERUMAHAN PESONA BALI)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIYO SURYA PUTRA
Perorangan
YUYUN SITI ROHMAH, DADAN NUR RAMADHAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

  • DTG1F3 - DASAR TEKNIK KOMPUTER DAN PEMROGRAMAN
  • DTG1K1 - BENGKEL INTERNET DAN PEMROGRAMAN WEB

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini