PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI SISTEM MONITORING JARINGAN BERBASIS WEB (Studi Kasus Telkom University)

RISANG SURYADI SAPUTRA

Informasi Dasar

16.06.678
620.007
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAK

Jaringan komputer merupakan media transformasi informasi yang berkembang begitu pesat, hampir seluruh instansi di dunia menggunakan jaringan komputer sebagai transformasi informasi. Tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan jaringan komputer yaitu traffic dari pengiriman suatu informasi dari satu host ke host yang lain. Dengan banyaknya host yang terhubung pada setiap jaringan, tentu saja menimbulkan masalah dalam monitoring traffic dan monitoring koneksi jaringan tersebut. Dalam hal monitoring jaringan masih banyak menggunakan cara manual seperti melakukan ping dari satu host ke host yang lain
Untuk mengatasi masalah tersebut, dalam proyek akhir ini dibuatlah aplikasi berbasis website untuk monitoring traffic dan monitoring koneksi suatu jaringan. Yang mana aplikasi ini dibuat dengan bahasa pemrograman PHP, python, javascript, MySQL untuk database dan aplikasi ini memiliki beberapa fitur. Diantaranya, dapat melihat traffic dari suatu jaringan, dan dapat melihat koneksi jaringan komputer yang terhubung. Untuk menjalankan fitur tersebut administrator jaringan cukup menambahkan lokasi dari host dan ip address host tersebut. Dengan secara otomatis akan muncul pada google maps pada aplikasi dan dapat melihat informasi dari traffic jaringan atau koneksi jaringannya.
Proyek akhir ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem monitoring jaringan berbasis website sehingga dapat memberi kemudahan kepada administrator dalam monitoring jaringan yang sedang jadi tanggung jawabnya. Pada proyek akhir ini setelah di dilakukan percobaan didapatkan delay 19.22653914/ms dan jitter 15.86328186/ms artinya kualitas traffic data sangat bagus berdasarkan standar ITU-T. 

Kata kunci: monitoring traffic, website, jitter, delay, google maps

Subjek

NETWORK-MANAGEMENT
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI SISTEM MONITORING JARINGAN BERBASIS WEB (Studi Kasus Telkom University)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RISANG SURYADI SAPUTRA
Perorangan
HAFIDUDIN, DADAN NUR RAMADAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

  • DTG1C3 - JARINGAN KOMPUTER
  • DTG1K1 - BENGKEL INTERNET DAN PEMROGRAMAN WEB
  • DTG2E3 - KOMUNIKASI DATA
  • DTG3K2 - PENGENDALIAN MUTU TELEKOMUNIKASI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini