PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SENSOR LOGAM PADA PENGGILINGAN BATU BERBASIS SMS GATEWAY DAN MIKROKONTROLLER

ALDINO DE LAMA

Informasi Dasar

16.06.628
620.007
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAK

Saat ini industri pengolahan batu sedang mengalami masalah yang cukup serius. Beberapa survey sudah membuktikan kualitas batu yang dihasilkan oleh penggilingan batu kurang memuaskan disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya dikarenakan oleh mesin penggiling yang bekerja kurang maksimal karena banyaknya logam atau besi yang melalui mesin penggiling. Bahkan dampaknya bisa meluas dan mengakibatkan rusaknya mesin penggiling. Untuk itu dibutuhkan sebuah alat yang dapat meminimalisir terjadinya hal-hal yang sudah disebutkan di atas.
Alat ini dirancang dengan memanfaatkan Arduino UNO R3 dan Rangkaian Sensor Logam sebagai unit pemroses, dan SMS Gateway dan Alarm Buzzer sebagai unit pemberi peringatan, serta Relay dan Motor DC untuk sistem mekaniknya. Sensor Logam akan mendeteksi logam dengan adanya perubahan frekuensi melalui bantuan coil. Dan saat terjadinya perubahan frekuensi tersebut maka Arduino akan mengirimkan perintah ke Relay, Alarm Buzzer dan LED, serta Modul GSM SIM900 secara bersamaan.
Pada Proyek Akhir ini, sensor logam yang dirancang dapat mendeteksi adanya keberadaan logam yang melalui Conveyor. Sensor akan mendeteksi saat benda logam berada pada jarak 0-2,1 cm. Sensor dapat mendeteksi berbagai jenis benda logam seperti gunting, paku, handphone, dan lain-lain. Namun, sensor tidak dapat mendeteksi keberadaan induktansi pada benda berbahan logam mulia. Pada saat terdeteksi adanya logam, perangkat SMS Gateway mengirimkan notifikasi kepada operator.

Kata kunci : Penggiling batu, SMS Gateway, Mikrokontroler, Logam, Conveyor

Subjek

Electronics and communications engineering
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SENSOR LOGAM PADA PENGGILINGAN BATU BERBASIS SMS GATEWAY DAN MIKROKONTROLLER
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALDINO DE LAMA
Perorangan
UNANG SUNARYA, ATIK NOVIANTI
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini