DESAIN DAN PEMBUATAN MODUL ARDUINO TERINTEGRASI DENGAN WIFI(FINO) DESIGN AND MANUFACTURE OF INTEGRATED MODULE WITH ARDUINO WIFI (FINO)

WAHYU SETIAJI

Informasi Dasar

16.06.614
620.007
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAK Fino merupakan suatu perangkat berbasis arduino uno yang sudah terintegrasi dengan Wi-Fi. Pada Fino ini kita akan menggunakan chip Wifi Esp 8266 yang telah mendukung jaringan 2.4GHz 802.11 b/g antena on board. Dilatar belakangi oleh penggunaan shield yang dirasa kurang efektif karena boardnya terpisah dengan arduinonya. Dalam penelitian sebelumnya terdapat alat yang serupa namun menggunakan Bluetooth. Dimana bluino tersebut dapat memprogram melalui smartphone atau laptop. Namun pada Fino ini belum bisa untuk memprogram hanya dibatasi sampai Fino bisa berfungsi sebagai client, Access Point dan mengirimkan data ke web server. Desain dan pembuatan Fino ini dimulai dengan pembuatan schematicnya routing yang menggunakan software eagle, desain PCB Fino menggunakan PCB double layer, menggunakan komponen SMD, pengecekan jalur atau troubleshooting, pengujian terhadap kaki i/o nya, pengujian komunikasi Wifi, Kemudian analisis hasil dari alatnya lihat nilai estetika sehingga layak jual. Fino bisa menjadi perangkat yang mampu digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan juga lebih efisien dibandingkan dengan arduino uno dan mini karena Fino sudah terintegrasi dengan modul wifi Esp8266 sehingga bisa untuk berkomunikasi secara wireless. Serta dengan perkembangan internet yang begitu pesat diharapkan Fino mampu mendukung perangkat lain seperti misalnya modul sensor suhu dan kelembaban untuk terhubung dengan internet.

Kata Kunci : Wi-Fi, arduino, Esp 8266

Subjek

Communication-electronics
 

Katalog

DESAIN DAN PEMBUATAN MODUL ARDUINO TERINTEGRASI DENGAN WIFI(FINO) DESIGN AND MANUFACTURE OF INTEGRATED MODULE WITH ARDUINO WIFI (FINO)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WAHYU SETIAJI
Perorangan
SUGONDO HADIYOSO, AKHMAD ALFARUQ
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini