PEMBANGUNAN SERVER VOIP MENGGUNAKAN SOFTSWITCH ELASTIX BERBASIS SIP DAN SOFTPHONE UNTUK CLIENT

BILAL AKBAR SANTOSO

Informasi Dasar

16.06.552
620.007
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Voice over Internet Protocol (VoIP) merupakan teknologi yang memanfaatkan Internet Protocol untuk menyediakan komunikasi voice secara elektronis dan real-time. Teknologi VoIP merupakan teknologi telekomunikasi masa kini, dimana biaya yang dikeluarkan untuk infrastruktur teknologi ini jauh lebih murah dibanding teknologi telekomunikasi yang umumnya digunakan masyarakat saat ini. Server VoIP dapat diimplementasikan pada suatu perusahaan, kantor, kampus atau perumahan, baik melalui sambungan internet atau melalui jaringan lokal.

Dalam proyek akhir ini, penulis membangun VoIP server yang dikonfigurasikan pada Laptop dengan menggunakan softswitch Elastix sebagai VoIP server dan softphone X-Lite sebagai aplikasi sehingga server dan klien dapat berkomunikasi menggunakan jaringan lokal. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah Laptop, PC, Router Wireless, Headphone dan smartphone. Implementasi VoIP server ini hanya menggunakan Ipv4, sistem operasi yang digunakan di klien adalah windows 7 dan sistem VoIP server ini tidak memperhitungkan aspek keamanan.

Skenario pengujian di proyek akhir ini, penulis akan melakukan pengujian interkoneksi jaringan server-klien 1 (PC) dan klien 2 (smartphone). Kemudian dilakukan pengukuran dan pengujian QoS (Quality of Service) yaitu pengujian untuk packet loss, delay dan throughput.

Dengan menggunakan Server VoIP, perangkat mobile dapat saling berkomunikasi tanpa menggunakan pulsa atau internet. Maka dari itu terbukti bahwa dengan menggunakan VoIP, biaya komunikasi menjadi hemat.

Kata Kunci: Server VoIP, Elastix, Softphone, QoS (Quality of Service)

Subjek

COMPUTER ENGINEERING
 

Katalog

PEMBANGUNAN SERVER VOIP MENGGUNAKAN SOFTSWITCH ELASTIX BERBASIS SIP DAN SOFTPHONE UNTUK CLIENT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BILAL AKBAR SANTOSO
Perorangan
HENRY ROSSI ANDRIAN, MOCHAMMAD FAHRU RIZAL
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknik Komputer
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini